Facebook Kembangkan Sistem Operasi Untuk Gantikan Android

logo huawei

Bukan rahasia lagi bahwa Facebook ingin memperluas pengaruhnya lebih jauh ke ruang perangkat keras seperti yang telah dilakukannya dengan Layar Pintar Portal dan headset Oculus VR. Namun, semua produk tersebut berjalan pada versi Android yang dimodifikasi, dan Facebook ingin menggantinya dengan sistem operasi yang mereka buat sendiri yaitu “Facebook OS.”

Seperti dilansir dari Android Authority, walaupun itu bukan nama final untuk sistem operasi yang mereka buat, kantor berita The Information melaporkan bahwa Facebook sedang mengerjakan sistem operasi sendiri untuk menghilangkan ketergantungannya pada Android. Salah satu pimpinan tim dalam proyek ini adalah Mark Lucovsky, ia adalah mantan karyawan Microsoft yang ikut mengembangkan sistem operasi Windows NT.

Ficus Kirkpatrick, salah satu kepala AR dan VR Facebook, menjelaskan kepada The Verge mengenai sistem operasi Facebook yang kabarnya sudah di dengar banyak orang. Namun, Ficus Kirkpatrick tidak mengakui bahwa Facebook sedang mengerjakan proyek untuk sistem operasi tersebut. Ia hanya mengatakan itu mungkin saja dilakukan oleh Facebook dan pastinya Facebook akan mendapat manfaatnya karena tidak perlu bergantung pada Android lagi.

Laporan dari The Information juga membuat Facebook seolah-olah ingin mengambil pendekatan seperti Apple yaitu mengembangkan perangkat keras untuk saat ini dan masa depan. Maksudnya Facebook juga ingin memiliki kontrol penuh atas ekosistem teknologi, mulai dari desain perangkat keras hingga prosesor yang mendukung perangkat keras itu, dan selanjutnya ke sistem operasi yang menjalankan semuanya.

Namun, Facebook sendiri memiliki reputasi tidak sebagai merek yang dapat dipercaya, sehingga tampaknya agak aneh dan sulit untuk meminta orang untuk berkomitmen penuh pada Facebook untuk pembelian perangkat keras yang sudah dilengkapi dengan OS Facebook. Tetapi seseorang mungkin baik-baik saja dengan membeli perangkat Facebook seperti headset Oculus, tapi dengan adanya dukungan oleh OS Facebook kemungkinan akan membuat mereka menjadi ragu untuk membelinya.

Bagaimanapun kondisi dan komentar yang ada, Facebook tampaknya sangat serius dengan ambisi mereka untuk mengembangkan perangkat kerasnya. Bersama dengan Portal dan Oculus, perusahaan teknologi raksasa ini dikabarkan akan mengerjakan sebuah perangkat kacamata AR yang dapat dikendalikan penggunanya dengan pikiran mereka serta asisten suara untuk pengeras suara dan layar pintar di masa depan.(hh)