Diam-Diam Apple Buat Satelit Untuk Layanan Internet

logo huawei

Apple Inc. secara diam-diam telah memiliki tim rahasia yang bekerja pada teknologi satelit yang nantinya dapat digunakan oleh pembuat iPhone itu untuk mengirimkan layanan internet secara langsung ke perangkatnya, jadi tanpa harus melalui jaringan nirkabel.

Produsen iPhone yang berbasis di Cupertino, California itu memiliki sejumlah tenaga ahli yang berasal dari industri desain aerospace, satelit dan antena yang bekerja pada proyek satelit Apple dengan target untuk menyelesaikannya dalam waktu lima tahun. Kepala Eksekutif Apple Tim Cook telah menunjukkan minat pada proyek tersebut, ini terlihat dengan menempatkan proyek tersebut menjadi prioritas perusahaan.

Pengembangan yang Apple lakukan pada satelit komunikasi dan teknologi nirkabel generasi mendatang itu bertujuan untuk memungkinkan untuk mengirimkan data ke perangkat pengguna, yang berpotensi untuk mengurangi ketergantungan pada operator nirkabel, atau untuk menghubungkan perangkat buatan mereka tanpa menggunakan jaringan tradisional. Apple juga menjajaki kemungkinan satelitnya dapat digunakan untuk pelacakan lokasi dengan posisi yang lebih akurat untuk perangkatnya.

Namun, belum ada kepastian apakah Apple bermaksud mengejar pengembangan satelit untuk diletakkan di orbit atau hanya memanfaatkan peralatan di darat yang akan mengambil data dari satelit yang ada dan mengirimkannya ke perangkat seluler buatan mereka.

Tim proyek teknologi satelit Apple tersebuti dipimpin oleh Michael Trela dan John Fenwick, keduanya adalah mantan insinyur kedirgantaraan yang membantu memimpin perusahaan pencitraan satelit Skybox Imaging sebelum dijual ke Google pada tahun 2014. Pasangan ini memimpin proyek satelit dan pesawat ruang angkasa milik Google hingga akhirnya mereka keluar bersama pada tahun 2017 untuk memulai inisiatif baru di Apple.

Selama satu setengah tahun pertama mereka di Apple, Trela dan Fenwick melakukan pemeriksaan terhadap kelayakan pengembangan teknologi satelit dan memahami masalah apa saja yang mereka selesaikan. Ini dapat terlihat dalam beberapa bulan terakhir mereka telah mulai mengintensifkan pekerjaan pada proyek tersebut.

Baru-baru ini mereka juga telah menambahkan tenaga ahli dari industri nirkabel, termasuk insinyur Matt Ettus, yang sekarang membantu memimpin inisiatif pada proyek satelit Apple. Matt Ettus adalah salah satu nama terkemuka dalam teknologi nirkabel dan membangun Ettus Research, sebuah perusahaan milik National Instruments Corp. yang menjual peralatan jaringan nirkabel.

Selain itu, Apple juga telah merekrut Ashley Moore Williams, seorang eksekutif dari Aerospace Corp. yang fokus pada satelit komunikasi, dan Daniel Ellis, mantan eksekutif Netflix Inc. yang membantu mengawasi Jaringan Pengiriman Konten. Daniel Ellis memiliki pengalaman dalam membangun jaringan yang dapat mengirimkan konten dan informasi dalam skala global.(hh)