Facebook Tambahkan Fitur Video Musik Resmi

logo huawei

Raksasa jejaring sosial Facebook mengumumkan telah menambahkan video musik resmi ke layanannya.Facebook mengatakan telah bekerja sama dengan perusahaan musik besar seperti Sony Music, Universal Music Group, dan Warner Music Group. Fitur ini hadir untuk pengguna di wilayah Amerika Serikat, India, dan Thailand.

Pengguna layanan Facebook dapat menemukan fitur video ini melalui Facebook Watch atau melalui halaman masing-masing artis. pengguna dapat membagikan, menanggapi, atau mengomentari seperti video lainnya di Facebook.

Dengan peluncuran video musik yang telah dikembangkan secara aktif oleh Facebook sejak musim gugur lalu, perusahaan telah memperbarui Halaman Artis musisi dan penyanyi dengan bagian baru untuk memungkinkan pengguna menelusuri video musik resmi mereka. Pengguna akan dapat mengikuti artis langsung dari video musik di Facebook, dan mengklik dari video ke Halaman mereka untuk mendapatkan info seperti ketika mereka tampil berikutnya dan bagaimana cara membeli musik mereka.

Dilansir dari situs theverge.com, Facebook mengatakan sebelum fitur ini hadir, Facebook hanya dapat membagikan preview video klip atau hanya audio resmi dari musisi. Dengan diluncurkannya fitur ini, Facebook akan bersaing dengan YouTube yang masih menjadi platform berbagi video terbesar dan dominan. Video musik adalah salah satu genre paling populer di situs video Google.

Menurut Laporan dari Bloomberg, bahwa minat Facebook pada video musik kemungkinan berasal dari tingkat iklan yang lebih menguntungkan yang terkait dengan video.

Facebook juga mengatakan bahwa platformnya akan menampilkan konten video musik eksklusif dari berbagai artis termasuk J Balvin, Karol G, Sebastián Yatra, Alejandro Fernández, dan Calibre 50. Sebuah video musik resmi baru dari Lele Pons secara eksklusif akan tayang perdana di Facebook, dan ia juga mengatakan akan memiliki video eksklusif dari penyanyi R&B Panama Sech. Bloomberg sebelumnya melaporkan bahwa Facebook telah menawarkan untuk mendanai produksi video musik tertentu dengan imbalan eksklusivitas.

Peluncuran video musik di Facebook datang hanya beberapa bulan setelah bagian Gaming Facebook mewarisi mitra streaming Mixer ketika Microsoft menutup layanan. Semua situs dan aplikasi Mixer secara otomatis mulai dialihkan ke Facebook Gaming pada 22 Juli 2020.

Facebook mengatakan bagian video musik barunya akan tersedia di iOS, Android, dan desktop mulai hari ini.(na)