Google Play Music Dihapus Secara Bertahap

logo huawei

Google mengumumkan akan menutup operasional layanan streaming musik mereka, yakni Google Play Music. Google Play Music akan menghentikan layanan dan akses secara bertahap mulai bulan September untuk pengguna di negara Selandia Baru dan Afrika Selatan. Sementara untuk pengguna di wilayah lain akan menyusul pada bulan Oktober mendatang.

Pada bulan Desember, layanan Google Play Music akan ditutup sepenuhnya. Setelah itu pengguna tidak dapat memindahkan kontennya. Namun mulai akhir bulan ini, Google tidak akan lagi menerima pembelian untuk musik di dalam Play Store-nya.

Google Play Music diluncurkan 8 tahun lalu pada 16 November 2011. Google Play Music ini menyediakan fitur premium all access bagi pengguna yang berlangganan setiap bulannya. Pengguna dengan akun standar juga bisa mengunggah dan mendengarkan hingga 50 ribu lagu tanpa biaya di Google Play Music.

Dilansir dari situs web theverge.com, Google mengambil langkah penghentian layanan ini dalam upaya perusahaan menggantikan layanan Google Play Music dengan Youtube Music sebagai penggantinya. Beberapa bulan yang lalu, pengguna Google Play Music masih bisa memindahkan hampir semua perpustakaan musik dari layanan lama ke layanan baru yakni Youtube Music.

Termasuk daftar putar, artis, album, lagu, konten yang dibeli, rekomendasi, dan unggahan. Mentransfer semua konten itu semudah membuka aplikasi Musik YouTube untuk pertama kalinya.

Pihak Google berjanji akan memberikan berbagai pemberitahuan dan informasi sebelum Google Play Music ditutup. Pengguna dapat terus menggunakan layanan Google Play Music sampai layanannya benar-benar ditutup. Ketika pengguna mendapatkan perangkat baru dengan Android 10, pengguna akan menemukan Musik YouTube sudah diinstal sebagai pengganti Google Play Music.

Google mengumumkan melalui laman Support-nya “Mulai Agustus 2020, Music Store di Google Play tidak akan lagi mendukung pembelian musik. Jika Anda memiliki konten yang dipesan lebih dulu pada tanggal pengiriman setelah kami berhenti mendukung pembelian, kami akan secara otomatis membatalkan pesanan Anda dan Anda tidak akan dikenai biaya. Anda akan menerima email yang memberi tahu Anda bahwa pesanan Anda dibatalkan”.(na)