Fitur Baru Gmail Penjadwalan Kirim Email

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Dalam rangka merayakan ulang tahun ke 15 Gmail, Google telah menghadirkan fitur penjadwalan untuk pengiriman email, sehingga pengguna dapat menjadwalkan pengiriman email mereka sesuai dengan waktu yang mereka inginkan.

Menurut Fortune.com, sebelumnya banyak layanan pihak ketiga yang menyediakan fitur penjadwalan email. Misalnya saja seperti Streak, layanan penjadwalan pengiriman email ini, telah hadir cukup lama.

Dengan menggunakan layanan ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan email yang dibuat pada pukul dua pagi, tetapi email dikirim pada jam sembilan pagi ketika pengguna sudah puas menikmai kopi paginya.

Fitur ini secara perlahan telah diluncurkan untuk pengguna Gmail dan akan tersedia untuk versi web dan pada aplikasi Gmail di iOS dan Android. Sebenarnya fitur ini sudah terlihat cukup lama di Gmail. Opsi penjadwalan ini pernah terlihat pada bulan Juli 2018, tetapi sekarang tampaknya sudah mulai menjadi kenyataan.

Pada versi web, pengguna dapat melihat fitur ini di samping tombol “Kirim” yang berbentuk panah kecil yang mengarah ke bawah ketika menulis email. Tekan itu, dan sebuah jendela dengan judul “Jadwal Kirim” akan muncul.

Ketika pengguna mengklik opsi tersebut, Google akan menyarankan beberapa kali kepada pengguna untuk mengirim pesan, yang selanjutnya akan membiarkan pengguna menentukan tanggal dan waktu untuk pengiriman email.

Sementara untuk aplikasi Gmail di ponsel pintar, pengguna dapat mengetuk icon tiga titik yang berupa menu di sebelah kanan atas untuk menggunakan fitur penjadwalan pengiriman email.

Selain peluncuran fitur baru ini, Google juga menambahkan folder “Terjadwal” pada Gmail, sehingga pengguna dapat masuk dan melihat semua pesan yang telah dijadwalkan untuk dikirimkan dan kapan email itu terkirim.

Apabila pengguna memiliki rencana lain dan kemudian memutuskan untuk mengirimkan email keluar itu langsung, mereka tetap bisa melakukannya. Pengguna dapat membuat perubahan kapan saja sebelum mengirimkan email.(hh)