Sekarang Flashdisk di Windows Bisa Langsung Dicabut

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Cara mencabut perangkat USB di Windows harus dengan memastikan muncul kalimat “safely remove hardware”, sepertinya akan segera berakhir.

Seperti dilansir dari Gizmodo, Windows 10 versi 1809 telah diperbarui dengan pengaturan default sistem operasi untuk perangkat eksternal yang mendukung USB dan Thunderbolt.

Pada versi Windows sebelumnya, pengaturan default untuk perangkat USB memerlukan proses “Safely Remove Hardware” sebelum mengeluarkannya.

Pada versi terbaru Windows 10 pengaturan default telah dirubah menjadi “Penghapusan cepat,” yang berarti pengguna dapat mencabut perangkat USB dari komputer tanpa merusak file atau perangkat USB.

Microsoft menjelaskan bahwa sebelumnya untuk menghindari kehilangan atau kerusakan data, maka untuk melepaskan atau mencabut perangkat perlu menunggu kata-kata “Safe to Remove Hardware” muncul. Umumnya cara ini memang baik. Tetapi untuk kenyamanan yang lebih bagi pengguna, maka pengaturan default yang baru membuat perangkat siap dilepaskan dengan cepat.

Hanya saja kelemahan dari pengaturan default yang baru ini, menurut Microsoft, adalah bahwa dengan adanya pelepasan cepat perangkat USB ini dapat menurunkan kinerja sistem karena tidak adanya izin penulisan caching.

Seperti yang dicatat oleh ZDNet, dengan adanya pengaturan default baru dan mengembalikan ke “Performa yang lebih baik” mungkin masih menjadi cara yang baik untuk digunakan oleh pengguna yang memindahkan file berukuran besar ke drive. Berikut ini langkah-langkah yang menurut Microsoft perlu dilakukan:

  1. Hubungkan perangkat ke komputer.
  2. Klik kanan tombol Start, lalu pilih File Explorer.
  3. Dalam File Explorer, identifikasi huruf atau label yang dikaitkan dengan perangkat (misalnya, Drive USB (D atau F dan lain-lain)
  4. Klik kanan Start, lalu pilih Disk Management.
  5. Di bagian bawah jendela Disk Management, klik kanan label perangkat, lalu klik Properties.
  6. Pilih Policies, lalu pilih Policies yang ingin digunakan.

Sementara itu, menurut Digital Trends Windows 10 versi 1809 seharusnya sudah diperbarui secara otomatis. Namun, jika tidak, pengguna harus memastikan bahwa telah menjalankan versi terbaru dan pengaturan telah berubah sebelum pengguna mulai melepaskan USB dengan cara cepat.(hh)