Fitur Baru Google Belanja Langsung Dari Youtube

logo huawei

YouTube sedang melakukan uji coba fitur baru yang memungkinkan para penonton atau penggunanya dapat berbelanja produk secara langsung di channel video yang sedang ditonton. Google menambahkan keranjang belanja sederhana ke panel kontrol video yang mencantumkan produk apa pun secara resmi dalam video itu.

Dilansir dari situs Engadget, pengguna dapat melihat lebih banyak informasi tentang produk tersebut dengan mengklik atau mengetuk ikon tas belanja yang letaknya di kiri bawah layar, lalu YouTube akan menampilkan daftar item yang dijual. Jika penonton tertarik, mereka dapat membeli item yang diinginkan.

Layanan musik video streaming ini mengatakan bahwa content creator atau pembuat konten yang terpilih akan menjadi bagian dari uji coba fitur terbaru ini. Mereka dapat menyertakan produk tertentu dalam video yang mereka buat. Fitur ini juga akan bekerja dengan cara menjual barang sesuai merek dan kontennya, seperti pembuat konten masak dapat menautkan barang-barang atau peralatan dapur yang ia gunakan.

Kemudian jika Anda seorang gamers, Anda dapat menautkan berbagai barang seperti headset, keyboard dan lainnya dari channel Anda. Pembuat konten dapat menjual barang dagangan melalui pusat perbelanjaan di saluran mereka selama beberapa tahun terakhir, dan eksperimen terbaru ini tampak seperti cara lain bagi mereka untuk menghasilkan pendapatan.

Untuk saat ini, uji coba hanya tersedia untuk pengguna iOS dan Android di negara Amerika Serikat dan hanya berfungsi dengan sekelompok kecil pembuat saluran, tetapi ini membuka jalan bagi Google dan YouTube untuk lebih meningkatkan perdagangan video dan saluran belanja yang telah berkembang pesat akibat pandemi COVID-19. Ini juga membantu YouTube mengimbangi layanan belanja video yang dijalankan oleh Pinterest, Instagram, dan WhatsApp.
Langkah ini menarik minat beberapa ahli teknologi seperti Marcel Hollerbach, CMO Productsup mengatakan bahwa bergabung dengan orang-orang seperti Pinterest dan Instagram, tidak mengherankan bahwa YouTube adalah platform media sosial terbaru yang membuka jalan ke pengalaman belanja dalam aplikasi.

“Video adalah media yang semakin relevan bagi konsumen, pemberi pengaruh, dan merek, dan inisiatif baru ini pada akhirnya memungkinkan konsumen untuk melakukan pembelian langsung dari video YouTube,” kata Marcel.

“YouTube adalah platform terkenal dengan basis pemirsa yang stabil yang melayani ribuan minat dan hobi khusus dari video memasak hingga video game hingga video seni dan kerajinan. Sementara TikTok dan Instagram menghosting konten berbentuk pendek, YouTube dikenal dengan gaya videonya yang lengkap dan panjang, dan bahkan ulasan produk. Ini memberikan peluang unik bagi pengecer yang ingin menjual produk mereka di YouTube karena hal ini dapat menambahkan dimensi yang sama sekali baru pada e-niaga dan bahkan mengubah cara konsumen menelusuri dan mempelajari produk sebelum melakukan pembelian secara daring. ” tambahnya.

Laporan telah beredar selama beberapa waktu bahwa YouTube telah mengeksplorasi fitur seperti ini. Sejumlah platform memasukkan lebih banyak fitur belanja, termasuk Instagram dan WhatsApp, jadi tidak terlalu mengherankan jika Google melakukan hal yang sama di YouTube. Bagaimanapun, iklan Google Belanja mulai muncul di bawah video YouTube pada tahun 2015.(na)

%d bloggers like this: