Fitur Terbaru Android Kontrol Ponsel Dengan Ekspresi Wajah

logo huawei

Android telah lama memiliki API Aksesibilitas yang ditujukan bagi pengembang untuk membangun aplikasi dan pengalaman yang ditujukan untuk membantu penyandang disabilitas, meskipun tidak selalu digunakan untuk tujuan itu. Google bermaksud agar aplikasi yang menggunakan Accessibility API masuk ke dalam beberapa kategori, termasuk pembaca layar, sistem input berbasis sakelar, dan sistem input berbasis suara.

Aplikasi “Android Accessibility Suite” merupakan aplikasi yang disediakan oleh Android untuk memudahkan aksesibilitas, sehingga penyandang disabilitas dapat mengakses perangkat mereka. Pembaruan terbaru untuk Android Accessibility Suite menambahkan cara baru bagi pengguna untuk mengontrol perangkat mereka yang disebut dengan “Camera Switches.”

Versi beta 12.0.0 dari aplikasi Android Accessibility Suite disertakan sebagai bagian dari rilis beta Android 12 keempat, yang diluncurkan ke ponsel Pixel beberapa waktu yang lalu. Aplikasi yang diperbarui membawa “Camera Switches” ke Switch Access, salah satu layanan aksesibilitas yang disertakan dalam aplikasi Android Accessibility Suite.

Switch Access berisi alat untuk memungkinkan Anda berinteraksi dengan perangkat Android tanpa menggunakan layar sentuh. Anda dapat menyambungkan perangkat eksternal melalui USB atau Bluetooth untuk memilih item, menggulir, mengetik, dan lainnya. Sekarang Anda dapat menggunakan “Sakelar Kamera” untuk mengontrol perangkat Anda hanya dengan ekspresi wajah Anda sendiri.

“Camera Switches”saat ini mendukung pengaturan beberapa gerakan ke beberapa kontrol, meskipun mungkin daftarnya dapat bertambah di masa mendatang. Sebagai contoh Anda dapat membuat aplikasi mendeteksi saat Anda membuka mulut dan kemudian memetakannya untuk membuka panel notifikasi. Anda juga dapat memeriksanya saat Anda mengangkat alis dan kemudian mengembalikan ponsel ke layar beranda.

Saat fitur “Camera Switches”aktif, ikon pemberitahuan terus-menerus ditampilkan untuk memberi tahu Anda bahwa kamera Anda sedang digunakan secara aktif. Android 12 menampilkan indikator bilah status setiap kali kamera perangkat Anda digunakan, jadi ikon pemberitahuan ini mungkin tampak berlebihan.

Namun, versi terbaru dari aplikasi Android Accessibility Suite tampaknya tidak eksklusif untuk perangkat Android 12 karena kami dapat melakukan sideload APK untuk mendapatkan fitur Camera Switches baru di perangkat Android 11. Karena tampaknya rilis yang diperbarui belum diluncurkan untuk pengguna di Google Play, jadi Anda harus menunggu pembaruan diluncurkan.

%d bloggers like this: