Elon Musk Perkenalkan Robot Humanoid Untuk Gantikan Tugas Manusia

logo huawei

Elon Musk menjelaskan bagaimana mengadaptasi teknologi yang digunakan untuk membangun armada kendaraan listriknya untuk mengembangkan robot humanoid yang disebut dengan Tesla Bot. Tugas robot ini nantinya akan melakukan tugas sehari-hari yang dilakukan oleh manusia, seperti berbelanja bahan makanan, pekerjaan yang membosankan yang dilakukan berulang-ulang dan tugas-tugas berbahaya.

Seperti dilansir dari The Express, Elon Musk menyampaikan hal tersebut di atas panggung pada acara ‘AI Day’. Ia menggambarkan bagaimana bentuk robot tersebut yang memiliki tinggi 5 kaki 8 inci serta berat 57 kg dan dapat berjalan dengan kecepatan 5 mph. Bot Tesla ini juga akan mampu membawa beban sekitar 20 kg hingga 68 kg.

Bot Tesla akan menggabungkan chip, kamera, dan sensor yang digunakan pada mobil Tesla, ini akan membantu kemampuan mereka untuk mengendalikan diri mereka sendiri. Akan ada delapan kamera dan berbagai sensor pada kepala robot tersebut.

Musk, yang telah memperingatkan tentang bahaya teknologi super cerdas yang akan mengalahkan kecerdasan manusia, mengatakan saat ini robot yang dikembangkannya tidak akan cukup kuat untuk mengalahkan seseorang.

Dia mengatakan bahwa ia telah mengaturnya sedemikian rupa pada tingkat mekanis dan pada tingkat fisik, sehingga seseorang yang menggunakan robot itu akan dapat melarikan diri darinya dan kemungkinan besar mengalahkannya.

Penampilan robot itu muncul setelah presentasi 90 menit yang merinci beberapa peningkatan kecerdasan buatan yang menggerakkan kendaraan listrik Tesla, termasuk superkomputer Dojo, yang membantu melatih mobil untuk menavigasi jalan-jalan kota tanpa bantuan manusia.

Musk, yang cenderung membuat pernyataan berani tentang masa depan, sedikit berbicara tentang bagaimana dia membayangkan Tesla Bot mengubah masa depan pekerjaan manusia.

“Ini saya pikirkan sangat mendalam,” katanya seperti dikutip daric net.com.

“Intinya, di masa depan, pekerjaan fisik akan menjadi pilihan. Jika Anda ingin melakukannya, Anda bisa, tetapi Anda tidak perlu melakukannya,” lanjutnya.

Sulit untuk mengatakan seberapa jauh masa depan akan menjadi seperti itu, tetapi ada kesenjangan besar antara memamerkan beberapa slide PowerPoint dan menghadirkan robot humanoid yang berfungsi. Mungkin akan memakan waktu lama sebelum Tesla Bot melayani Anda. Namun Musk sangat yakin bahwa nanti sebuah prototipe kemungkinan akan siap tahun depan.(hh)

%d bloggers like this: