Formulir Lamaran Kerja Steve Jobs Tahun 1973 Terjual Lebih Dari 174,000 Dolar

logo huawei

Palu telah diketuk dan sebuah formulir aplikasi pekerjaan yang diisi oleh salah satu orang penting di dunia teknologi yaitu Steve Jobs pada tahun 1973, telah laku terjual dengan harga 174,757 dolar. Formulir itu adalah aplikasi untuk posisi pekerjaan yang belum ditentukan di sebuah perusahaan yang tidak disebutkan namanya.

Di bawah alamat, Steve Jobs menulis “reed college” dengan huruf kecil. Dia tidak menggunakan huruf besar sesuai tata bahasa. Ketika ditanya tentang akses transportasi, dia menulis, “mungkin, tapi tidak mungkin.” Di bawah “Kemampuan Khusus,” ia menulis, “insinyur teknologi atau desain elektronik digital dari Teluk didekat Hewitt-Packard” sepertinya dia salah mengartikan Hewlett-Packard, dan yang cukup mengherankan, ia mencatat keahliannya dengan komputer dan kalkulator.

Formulir Lamaran Kerja Steve Jobs Tahun 1973 Terjual Lebih Dari 174,000 Dolar

Steve Jobs mengisi formulir aplikasi tersebut setelah keluar dari Reed College tidak begitu lama setelah mendaftar untuk semester di musim gugur tahun 1972. Dia terjebak di kampus Portland, Oregon, selama satu setengah tahun untuk mengikuti kursus kaligrafi, seni tari dan Shakespeare, yang akhirnya mengisi formulir aplikasi tersebut.

Harga jual formulir aplikasi pekerjaan itu ternyata melonjak cukup tinggi. Pada saat terakhir dilelang oleh Bonhams pada bulan Desember laku dengan harga 18,750 dolar. Ketika dilakukan lelang oleh RR Auction, diperkirakan hanya akan bernilai lebih dari 50,000 dolar, ternyata malah terjual hampir tiga kali lipat harganya.

Bobby Livingston, wakil presiden eksekutif dari RR Auction, mengatakan bahwa mereka yang mengajukan penawaran atas formulir aplikasi pekerjaan tersebut ada para pengusaha dan pemilik perusahaan internet yang sukses dan tumbuh karena mengagumi Steve Jobs dan Apple.

Formulir aplikasi pekerjaan tersebut merupakan barang dengan nilai tertinggi yang terkait dengan Steve Jobs. Bobby Livingston merasa sangat antusias dengan hasilnya dan ia mengatakan bahwa ia merasa emosional karena tahu bahwa pada formulir aplikasi pekerjaan tersebut tertulis tulisan tangan dari seseorang yang memberikan banyak kontribusi terhadap kemajuan di teknolgi digital.

Lelang yang berlangsung dari tanggal 8 sampai 15 Maret tersebut juga melelang barang – barang Apple lain seperti manual teknis Mac OS X yang ditandatangani oleh Steve Jobs pada tahun 2001, yang laku terjual seharga 41,806 dolar.

Kemudian Sebuah surat kabar yang ditandatangani oleh Steve Jobs pada tahun 2008 mengenai sebuah liputan ketika ia berbicara di Apple Worldwide Developers Conference yang laku dijual seharga 26,950 dolar. Barang – barang tersebut juga mampu melampaui nilai perkiraan masing – masing.

Ini bukan pertama kalinya memorabilia Steve Jobs berhasil terjual dengan harga tinggi di sebuah acara lelang. Pada bulan Oktober tahu lalu, sebuah majalah yang ditandatangani oleh Steve Jobs terjual dengan harga lebih dari 50,000 dolar.

Empat tahun sebelumnya sebuah kontrak yang ditandatangani oleh Steve Jobs pada tahun 1978 laku dijual seharga 40,000 dolar. Termasuk sejumlah barang pribadinya, termasuk jubah mandi dan pisau cukur listrik serta jaket kulitnya yang laku di harga 22,400 dolar.(hh)

Sumber