Gmail Segera Rilis Fitur Video Call Tanpa Aplikasi Tambahan

logo huawei

Saat ini makin banyak perusahaan yang mengizinkan karyawannya bekerja dari rumah atau remote working. Hal ini karena kapabilitas kerja dari rumah yang semakin modern pada zaman ini, apalagi setelah munculnya pandemi COVID-19 yang mengharuskan beberapa perusahaan mengizinkan karyawannya bekerja dari rumah.

Banyak aplikasi konferensi video seperti Zoom, Google Meet dan lainnya sering digunakan dan menjadi sangat terkenal. Oleh karena itu, Google menyadari bahwa Google Meet digunakan tidak hanya untuk keperluan bisnis, tapi juga banyak digunakan untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, terutama pada situasi terisolasi seperti sekarang. Google akan segera merilis fitur agar mempermudah pengguna seluler untuk bergabung atau memulai rapat.

Seperti dilansir dari situs Techradar.com, peningkatan akses ke Google Meet akan datang melalui integrasi dengan Gmail di perangkat seluler. Pengguna Android dan iOS akan melihat tab Google Meet baru yang ada di bawah inbox mereka, sehingga ini akan memberikan akses lebih mudah ke sebuah pertemuan dam bisa dilakukan tanpa menginstall aplikasi Google Meet.

Ketika pengguna mengklik tab ini, Google akan menunjukkan kepada pengguna semua rapat yang sudah terjadwal di Google Calendar dan memungkinkan mereka untuk bergabung ke rapat dengan sekali sentuh. Pengguna juga dapat memulai meeting baru secara instan atau merencanakan rapat untuk di kemudian hari.

Let’s meet up adalah integrasi dari Google Meet dan Gmail yang akan datang setelah Google mengambil keputusan untuk menggratiskan fitur tersebut untuk semua orang, ini membuatnya menjadi alternatif yang menarik bagi Zoom dan Microsoft Teams. Google belum mengungkapkan kapan tepatnya tab Google Meet akan tampil untuk pengguna seluler, mereka hanya mengatakan “beberapa minggu kedepan”.

Tentunya, kita perlu mengingat bahwa tidak semua orang mau menggunakan Google Meet, oleh karena itu mungkin ada beberapa orang yang tidak terlalu tertarik pada kehadiran tab khusus tersebut. Untuk orang-orang seperti ini, ada kabar baiknya bahwa fitur tersebut dapat dihilangkan melalui pengaturan di aplikasi Gmail.(na/hh)