Fitur Rahasia Chrome ini Buat Berselancar Internet Jadi Lancar

logo huawei

Pengguna Google Chrome bisa memanfaatkan fitur “rahasia” yang baru ditambahkan pada browser dan dapat membuatnya berjalan lebih baik.

Dilansir dari situs Express.co.uk, pengguna Chrome bisa mencoba fitur rahasia yang bisa meningkatkan performa browser dan memperkuat pengaturan privasinya. Google Chrome merupakan browser paling populer di dunia dan mendominasi sebesar 68.26 persen dari seluruh market browser di dunia. Chrome secara rutin menambahkan berbagai fitur baru.

Perusahaan yang berlokasi di Mountain View ini baru mulai mengerjakan fitur baru untuk Chrome yang bisa langsung dicoba oleh para pengguna. Seperti dilansir dari postingan Techdows, eksperimen baru ini telah dirilis di Chrome dan pengguna bisa memeriksanya pada ekstensi browser.

Ketika diaktifkan Extensions Checkup akan memperingatkan pengguna Google Chrome tentang add-on apapun yang bisa mempengaruhi performa browser dan privasi pengguna. Hal ini memberikan tingkat keamanan yang ekstra kepada Chrome jika sebuah ekstensi yang kebanyakan dibuat oleh developer pihak ketiga dan berhasil menghindari kebijakan Chrome Web Store. Jika pengguna memakai versi stabil Chrome 83 maka dapat mengaktifkan fitur ekstensi terbaru ini.

Pengguna dapat mengunjungi laman chrome://flags dan cari ‘ekstensi checkup’. Di menu drop down yang akan memberika beberapa pilihan yang ditampilkan Default-Enabled -Enabled on Startup – Performance-Focused message – Enabled on Startup – Privacy-Focused message – Enabled on Startup – Neutral Focused message.

Jika pengguna mengaktifkan opsi ketiga, maka akan muncul pesan “A healthier, happier Chrome. Some extensions can slow you down – especially ones you didn’t mean to install.”

Ketika pengguna mengaktifkan opsi keempat, maka akan ada pesan “Periksa ekstensi Anda.” Beberapa ekstensi dapat melihat aktivitas penelusuran pengguna termasuk informasi pribadi.

Peneliti mengungkapkan bahwa Google sudah menghapus 106 ekstensi dari Chrome Web Store yang kedapatan mencuri data sensitif. 106 ekstensi ini adalah bagian dari batch yang berisi 111 ekstensi Chrome yang dianggap berbahaya. Ekstensi-ekstensi ini antara lain dapat mengambil screenshot, mengambil cookie otentikasi, dan membaca tekanan pada tombol yang memungkinkan mereka mencuri password pengguna.(na/hh)