Google Akan Aktifkan Autentikasi Dua Faktor Secara Default

logo huawei

Pengguna mungkin tidak menyadari bahwa kata sandi adalah satu-satunya ancaman terbesar bagi keamanan online. Banyak orang percaya bahwa kata sandi harus sepanjang dan serumit mungkin, tetapi dalam banyak kasus sebenarnya ini dapat meningkatkan risiko keamanan.

Kata sandi yang rumit berulang kali digunakan oleh pengguna di lebih dari satu akun. Sekitar 66 persen orang Amerika mengaku menggunakan sandi yang sama di beberapa situs, yang membuat semua akun tersebut rentan jika ada yang bocor.

“66 persen orang Amerika masih mengakui menggunakan kata sandi yang sama di beberapa situs, yang membuat semua akun tersebut rentan jika ada yang jatuh,” kata Google.

Dilansir dari situs The Verge, Google diketahui telah mengambil langkah yang cukup signifikan dan akan membantu menjaga akun pengguna agar lebih aman. Google akan mendaftarkan pelanggan dalam autentikasi dua faktor secara default. Google mengatakan dalam postingan blognya bahwa mereka akan segera mulai mendaftarkan pelanggan dalam autentikasi dua faktor atau verifikasi dua langkah, namun jika akun mereka dikonfigurasi dengan tepat.

Setelah diaktifkan, pengguna akan menerima perintah di ponsel cerdas mereka untuk memverifikasi bahwa upaya masuk dengan akun Google mereka adalah sah.

“Menggunakan perangkat seluler untuk masuk memberikan pengguna autentikasi yang lebih aman dan terjamin daripada sandi saja. Kami mengingatkan bahwa di telepon lebih aman daripada pesan SMS yang dapat disadap,” kata Direktur Senior Manajemen Produk Google, Mark Risher.

Jika autentikasi dua faktor standar tidak cocok untuk pengguna, mereka selalu dapat menggunakan kunci keamanan fisik seperti yang berasal dari YubiKey atau Titan milik Google, sebagai cara lain untuk melindungi akunnya. Pada tahun 2019, Google juga telah menambahkan opsi untuk smartphone Android sebagai kunci keamanan dan ini telah diperluas ke iPhone.

Lindungi akun Anda dengan verifikasi 2 langkah dengan menambahkan keamanan ekstra ke akun jika kata sandi dicuri. Cara mengaktifkannya dengan membuka akun Google, pilih panel navigasi, klik Keamanan, di bawah terdapat tombol “Masuk ke Google”, pilih Verifikasi 2 Langkah, lalu klik Mulai.

Google menyarankan penggunanya untuk melakukan pemeriksaan keamanan cepat untuk memastikan setelan dan perlindungan akun mereka berada di tempat yang seharusnya.