Google akan Hadirkan Dongle Untuk Android TV

logo huawei

Raksasa intenet Google memiliki banyak hal dalam dunia teknologi. Baru-baru ini diketahui Google sedang mengembangkan dua perangkat keras yang terlampir di dokumen pengarsipan FCC, tampaknya perangkat tersebut terkait dengan produk Android TV baru yang dilaporkan telah dikembangkan Google selama beberapa waktu.

Dilansir dari situs web theverge.com, laporan XDA Developers pada bulan Juni mengatakan bahwa Google sedang mempersiapkan dongle TV dengan codename Sabrina, yang akan menggunakan Android TV dan remote yang dikendalikan dari jarak jauh dengan kompatibel UI, seperti smarthphone yang mengendalikan Chromecast. Sabrina awalnya disebut sebagai wujud rencana Google dalam memberikan perangkat untuk media streaming berbasis Android TV.

Salah satu dokumen yang didaftarkan di FCC mengacu pada Perangkat Streaming Media Interaktif atau Interactive Media Streaming Device dengan Wi-Fi atau Bluetooth. Sedangkan perangkat yang lainnya mengacu pada Wireless Device dengan Bluetooth dan kunci daya, yang kemungkinan sebagai Sabrina dan remote control-nya.

Remote control dari Sabrina ini akan memiliki tombol yang dapat diprogram oleh penggunanya untuk menyetel aplikasi atau layanan streaming “favorite” hanya dalam 1 tekanan saja. Jika pelanggan membeli TV dengan software bawaan, tidak terlalu banyak opsi untuk Android TV saat ini.

Meskipun tidak banyak informasi baru tentang Sabrina, namun informasi tentang desain dan spesifikasinya muncul secara online pada bulan Juni lalu. Perangkat ini akan menggunakan prosesor Amlogic S905X2 dengan RAM sebesar 2GB dan teknologi fabrikasi 12nm, perangkat ini juga memiliki empat CPU ARM Cortex-A53 dengan kecepatan hingga 1.8GHz. Tak hanya itu, perangkat ini juga memiliki dukungan streaming 4K 60 fps dengan dilengkapi fitur HDR serta Dolby Vision, HLG, dan HDR10.

Menurut 9t05Google semua bagian yang menarik dari daftar FCC ini, seperti gambar yang mengungkapkan kedua perangkat ini. Kedua perangkat ini diungkapkan diproduksi di Thailand, karena Google berupaya mendiversifikasi rantai pasokannya.

Karena gambar dan informasi lain tentang perangkat tersebut dirahasiakan hingga Januari, apakah ini berarti kita akan melihat Sabrina diluncurkan akhir tahun ini atau awal tahun depan?(na/hh)