Google Duo Versi Beta Akan Hadir di Android TV

logo huawei

Setelah mengumumkan dukungan Chromecast untuk Google Meet. Google kini mengungkapkan bahwa aplikasi video call mereka, Google Duo akan hadir ke Android TV. Nantinya Google Duo akan hadir seperti aplikasi aslinya, yang memungkinkan pengguna untuk memulai panggilan video dari layar televisi.

Dilansir dari situs web theverge.com, versi beta dari Google Duo untuk Android TV akan dirilis dalam beberapa minggu mendatang. Pengguna dapat memulai panggilan video baik one-on-one maupun grup dengan aplikasi tersebut.

“Dengan Google Duo, anda dapat memulai panggilan one-on-one maupun grup dari TV anda, dan jika TV anda tidak memiliki kamera built-in, anda hanya perlu memasang kamera USB,” kata Google dalam postingan blognya.

Langkah ini dilakukan Google untuk membawa dan menghadirkan aplikasi komunikasi video mereka ke layar yang lebih besar. Dengan menambahkan dukungan Chromecast untuk layanan konferensi video ke Google Meet. Perusahaan memberikan lebih banyak fleksibilitas pada pelanggan untuk mengadakan rapat kerja.

Seperti halnya Meet, Google Duo juga sudah didukung di Nest Hub, Nest Hub Max, dan layar cerdas lainnya yang menjalankan software Google. Perluasan platform dan cara penggunaan Meet hanya akan membantu Google dalam persaingan mereka dengan Zoom dan Microsoft Teams. Dan ini akan menjadi usaha yang panjang, karena perusahaan tersebut mengatakan di akhir postingan blognya, “panggilan video tidak akan kemana-mana” dalam waktu dekat.

“Dalam usaha untuk membawa pengalaman video call ke lebih banyak bagian di rumah anda, Google Duo akan merilis versi beta untuk Android TV di beberapa minggu mendatang,” kata Google dalam sebuah postingan blog.

Google Duo adalah aplikasi obrolan video yang simpel dan sudah tersedia di Android maupun iOS, bahkan ada juga aplikasi web yang hanya memiliki beberapa keterbatasan. Google Duo gratis untuk digunakan siapa saja, dan memiliki enkripsi end-to-end, dan dikemas dengan banyak fitur walaupun di awal terlihat sangat simpel. Google Duo sudah berfungsi dengan baik sebagai aplikasi obrolan video di smartphone sejak peluncurannya di 2016, dan akan segera debut di layar yang lebih besar. Bersamaan dengan peluncuran Google Meet di Chromecast.(na)