Google Assistant Kini Bisa Tahu Siapa yang Berbicara

logo huawei

Perusahaan teknologi raksasa Google memiliki banyak inovasi dalam duna teknologi. Salah satunya yaitu Google Assistant yang merupakan sebuah fitur Android yang berevolusi dan sekarang dikenal sebagai Google Now.

Google Assistant diluncurkan pada bulan Mei 2016 sebagai bagian dari aplikasi perpesanan dari Google Allo. Tidak lama setelah itu, Google Assistant menjadi bagian dari ponsel Pixel Google.

Google Assistant kemudian hanya tersedia di jajaran ponsel Pixel untuk sementara waktu, tetapi sekarang tersedia gratis dan dapat diunduh oleh siapa pun yang menggunakan ponsel pintar Android mulai dari versi Lollipop atau yang lebih tinggi.

Selain dukungan Android Wear, ada aplikasi Google Assistant untuk iOS. Jajaran speaker pintar google Home didukung oleh Google Assistant juga.

Google mengumumkan telah menambahkan fitur Voice Match dan pilihan speaker standar untuk semua perangkat yang kompatibel dengan Google Assistant. Manajer produk Google, Praveen Channdran mengatakan dalam sebuah postingan blog bahwa penambahan itu adalah bagian dari usaha perusahaan teknologi raksasa itu untuk mendukung ekosistem terbuka dan membawa fitur Google Assistant ke semua orang di dunia.

Seperti dilansir dari situs web TheVerge.com, Voice Match memungkinkan Google Assistant untuk memberi tahu siapa yang sedang berbicara, sehingga dapat mempersonalisasi respons, dan pilihan default speaker.

Voice Match mampu mengenali hingga enam suara unik pada setiap speaker cerdas, jadi anggota keluarga yang berbeda dapat memperoleh respons yang dipersonalisasi atau mengatur pengingat khusus yang akan disajikan kepada pengguna tertentu.

Hal tersebut akan memungkinkan pengguna untuk memilih opsi yang lebih disukai pada beberapa perangkat. Selain itu, Google akan memperluas pengaturan sensifitas kata yang akan memungkinkan pengguna untuk mengatur seberapa mudah speaker dapat mendeteksi kata-kata, sehingga dapat membantu mengatasi permintaan yang tidak disengaja dan banyak speaker yang mendeteksi frasa untuk mengaktfikannya, misalnya seperti perintah “Hey Google”.

Google mengatakan dalam sebuah postingan blog bahwa mereka akan meluncurkan fitur-fitur tersebut ke semua perangkat yang didukung Google Assistant pada minggu ini.

Bulan lalu, Google sudah mengkonfirmasi bahwa mereka sedang mempersiapkan sebuah program dengan Voice Match untuk memungkinkan pembelian yang aman pada speaker pintar dan layar pintar yang didukung oleh Google Assistant.(na/hh)