Google dan WhatsApp Sekarang Bisa Hapus Akun Tanpa Ijin Pengguna

logo huawei

Pengguna Google telah dikenai kondisi baru bulan ini yang memungkinkan raksasa teknologi ini untuk menghapus akun Gmail dan Foto serta perlu diingat bahwa WhatsApp juga memiliki beberapa aturan baru yang serupa.

Seperti dilansir dari exspress.co.uk, Google baru saja mengubah syarat dan ketentuannya yang sekarang dapat menghapus akun Gmail, Foto dan Drive dari server online tanpa perlu izin dari pengguna. Pembaruan ini mulai berlaku bulan ini dengan siapa pun yang tidak menggunakan akun mereka untuk jangka waktu yang lama kemungkinan akan kehilangan konten mereka.

“Jika Anda tidak aktif selama 2 tahun (24 bulan) di Gmail, Drive, atau Foto, kami dapat menghapus konten Anda. Jika Anda telah melebihi batas penyimpanan selama 2 tahunn dan tidak aktif, kami dapat hapus konten Anda di Gmail, Drive, dan Foto,” jelas Google dalam sebuah blog di situs webnya.

Google mengatakan hadirnya kebijakan yang diperbarui ini merupakan upaya untuk membersihkan server dari akun dan file yang tidak aktif selama beberapa tahun. Dan bukan hanya Google yang dapat mengirim akun Anda ke tumpukan memo digital karena pengguna WhatsApp juga akan mengalami nasib yang sama.

Miliaran penggunanya mungkin tidak mengetahui aturan ini, tetapi penggalian cepat ke dalam syarat dan ketentuan WhatsApp mengungkapkan bahwa perusahaan milik Facebook dapat menghapus akun jika mereka tidak aktif selama jangka waktu tertentu.

WhatsApp mengatakan bahwa siapa pun yang tidak menggunakan akun mereka selama 120 hari, maka mereka akan menghapus akun berikut konten WhatsApp-nya.

Dalam sebuah tulisan di situs webnya, pihak WhatsApp menjelaskan bahwa untuk menjaga keamanan, data yang telah melebihi batas penyimpanan, dan untuk melindungi privasi para pengguna WhatsApp, maka akun WhatsApp 120 hari tidak aktif akan dihapus.

Perlu dicatat bahwa meskipun Anda meluncurkan WhatsApp tetapi perangkat Anda tidak terhubung ke web, perusahaan masih menganggap bahwa Anda tidak aktif.

Meskipun ini mungkin terdengar agak menakutkan, jika akun Anda dihapus, Anda dapat mendaftarkan perangkat Anda lagi.

WhatsApp mengatakan bahwa konten apa pun yang disimpan secara lokal di perangkat pengguna sebelum penghapusan akun akan tetap ada hingga WhatsApp dihapus dari perangkat.

Saat pengguna mendaftar ulang untuk WhatsApp di perangkat yang sama, konten yang disimpan secara lokal akan muncul kembali.(hh)