Google HadirKan Fitur Untuk Hapus Riwayat Web dan Pelacakan Lokasi

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Google akan menawarkan kepada penggunanya pilihan untuk secara otomatis menghapus riwayat pencarian dan lokasi mereka setelah tiga bulan.

Menurut BBC, perusahaan mesin pencarian raksasa ini sudah memberikan akses kepada penggunanya untuk dapat menghapus data yang dikumpulkannya secara manual saat mereka menggunakan produk seperti YouTube, Maps, dan Search.

Dalam upaya untuk menawarkan kontrol lebih besar atas data pribadi, sekarang Google juga telah memberikan pilihan tersebut dan akan menawarkan opsi penghapusan otomatis setelah tiga atau 18 bulan. Google mengatakan bahwa fitur akan hadir beberapa minggu lagi.

Google telah menjelaskan bagaimana fitur itu akan bekerja dalam sebuah video yang diposting di timeline Twitter-nya. Menurut manajer produk Google, perkembangan terakhir ini merupakan hasil dari saran serta tanggapan yang diberikan oleh penggunanya mengenai cara terbaik untuk mengelola data.

Menurut Manajer Produk merek berpendapat bahwa mereka akan terus bekerja untuk menjaga data pribadi dan keamanan pengguna. Mereka menambahkan bahwa perusahaan berkomitmen untuk memberi pengguna kontrol terbaik untuk memastikan bahwa data mereka tetap pribadi dan aman.

Perusahaan pencarian raksasa itu telah mengalami pemeriksaan atas data pribadi yang dikumpulkannya. Pada bulan November, Google dituduh telah melacak ke mana orang pergi bahkan ketika mereka telah mematikan riwayat lokasi.

Pada awal bulan ini, Google kembali memberikan kejutan, Google mengatakan bahwa para pengguna yang memberikan ulasan di Google terkadang bisa mendengarkan rekaman suara dari Home speaker dan aplikasi Asistennya.

Namun, bukan hanya Google saja yang menghadapi tekeanan. Perusahaan teknologi termasuk raksasa seperti Twitter dan Facebook juga telah berada di bawah tekanan menyangkut masalah data privasi selama beberapa tahun terakhir.

Adanya fitur penghapusan otomatis yang akan dihadirkan oleh Google itu telah menerima tanggapan positif di Twitter. Beberapa pengguna menggambarkannya sebagai pengembangan yang disambut baik karena mereka tidak perlu menghapus pencarian dan riwayat lokasi mereka secara manual.

Untuk saat ini, riwayat pencarian web Google dan pelacakan lokasi dapat “dihentikan” di halaman pengaturan untuk setiap akun.

Namun, dalam beberapa minggu mendatang Google akan menghadirkan opsi untuk menghapus data secara otomatis ketika lebih dari beberapa bulan.

Tetapi fitur itu tidak tersedia untuk riwayat tontonan YouTube atau perintah suara yang dikeluarkan melalui Home dan Asisten, sehingga untuk YouTube tidak ada penghapusan otomatis.(hh)