Google Lakukan Uji Coba Spektrum 6 GHz

logo huawei

Raksasa internet Google memiliki banyak hal dalam dunia teknologi. Google secara diam-diam sedang menguji jaringan 6 GHz di 17 negara bagian Amerika Serikat. Diketahui melalui arsip dokumen dari Komisi Komunikasi Federal atau Federal Communications Commission (FCC).

Dilansir dari situs web theverge.com, dalam dokumen tersebut belum diketahui dengan jelas tujuan dilakukannya uji coba jaringan ini, namun Google mengatakan bahwa uji coba spektrum 6 GHz ini untuk menghasilkan informasi teknis yang relevan dengan kegunaan frekuensi ini dalam menyediakan koneksi broadband yang teruji.

Google menambahkan bahwa mereka ingin eksperimen ini dilakukan selama 24 bulan dan sudah mendapatkan izin untuk melakukan uji coba di 26 kota besar dan kota kecil di 17 negara bagian, termasuk Arizona, California, Colorado, Florida, Georgia, Illinois, Iowa, Kansas, Nebraska, Nevada, New York, North Carolima, Oklahoma, Oregon, Texas, Utah, dan Virginia.

Selain itu, ada beberapa kemungkinan tentang uji coba Google dengan Spektrum 6 Ghz. Kata-kata “menyediakan koneksi broadband yang teruji” dapat menunjukkan bahwa Google ingin bereksperimen dengan beragam jenis layanan internet rumah. Layanan jasa potensial di masa depan dibawah naungan Google Fiber Webpass.

Google juga dapat menggunakan spektrum 6 GHz untuk hal lain. FCC menyetujui penggunaan spektrum 6 GHz yang tak berlisensi, dan sejumlah pihak bisa memanfaatkan hal ini. Router Wi-Fi 6E bisa menembus 6 GHz, sama seperti komunikasi vehicle-to-vehicle, dan spesifikasi terbaru dari 5G menunjukkan spektrum 6 GHz yang belum berlisensi bahkan dapat digunakan untuk jaringan seluler 5G. Google tidak membatasi ide-ide, mereka memanggilnya spektrum tak berlisensi karena suatu alasan.

Hal yang perlu diketahui tentang 6 GHz adalah teknologi tersebut akan memungkinkan koneksi yang lebih cepat dan lebih teruji. Membuat lebih banyak bandwidth daripada koneksi 2.4 GHz atau 5 GHz yang sudah dikenal luas, dan mungkin gangguan nirkabel antar perangkat akan lebih sedikit. Tetapi seperti halnya Wi-Fi 5GHz yang menawarkan jangkauan yang lebih pendek dari Wi-Fi 2.4GHz, kemungkinan besar jaringan 6GHz juga akan memiliki jangkauan yang pendek.(na/hh)