Google Luncurkan Android 10, ini Fitur-Fiturnya

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Setelah dilakukan beberapa pengujian dan rilis beta, Google akhirnya meluncurkan rilis stabil pertama Android 10 untuk pengguna Pixel pada tanggal 4 September 2019. Android 10 juga diharapkan akan datang lebih cepat untuk perangkat Andorid lainnya dan Google berjanji akan bekerja sama dengan banyak mitra untuk meningkatkan perangkat mereka ke Android 10 pada akhir tahun ini.

Seperti dilansir dari The Guardian, Android 10 telah memiliki banyak perbaikan dan fitur baru, sistem identifikasi gerakan baru, izin stiker, dan kontrol privasi. Selain itu, ada mode fokus yang baru dapat menonaktifkan aplikasi yang mengganggu, kontrol notifikasi juga disederhanakan, kontrol keluarga juga sudah terintegrasi, dan tema “Gelap” .

Salah satu pembaruan penting adalah Project Mainline yang akan memungkinkan Google untuk menutup celah keamanan yang diperlukan secara langsung melalui play store. Jadi, Google tidak perlu menunggu produsen mengirimkan pembaruan penting kepada pelanggannya. Ponsel yang di upgrade dari Android 9 ke Android 10 tidak akan mendukung fitur ini.

Namun, beberapa fitur Android 10 masih dalam mode beta. Mode fokus yang telah disebutkan diatas akan berada dalam mode beta. Satu lagi fitur, “Live Caption” memberikan penjelasn teks secara nyata untuk audio atau video apa pun, fitur hanya akan dirilis untuk ponsel Pixel hingga akhir tahun ini.

Menurut Google, banyak aplikasi pihak pertamanya bekerja menggunakan mode tema Gelap yang baru, tetapi tidak semua dari mereka telah membuat batas waktu untuk rilis Android. Aplikasi email populer, Gmail, masih belum selesai dengan mengerjakan kompatibilitas tema Gelap dan diharapkan akan merilis versi mode tema gelap yang stabil akhir bulan ini.

The feature that has caught the attention of every android lover is the new gesture navigation system. The working mechanism is a lot similar to that of the iPhone, and it received a lot of tweaks and updates while in beta mode.
Fitur menarik yang mengambil perhatian setiap pencinta android adalah sistem navigasi dengan sensor gerak. Cara kerjanya sangat mirip dengan iPhone, dan ia menerima banyak penyesuaian dan pembaruan ketika masih dalam mode beta.

Pembaruan untuk Android 10 telah diluncurkan untuk seri Pixel, dan pembaharuan untuk perangkat ponsel lainnya akan segera keluar juga.(hh)