Google Maps Hadirkan Fitur Agar Aman Berpergian Selama COVID-19

logo huawei

Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang cukup besar bagi sebagian orang termasuk bagi mereka yang aktivitasnya berpergian. Keselamatan menjadi perhatian utama konsumen di seluruh dunia.

Dalam hal ini Goggle Maps sebagai sistem panduan di ponsel pintar meluncurkan pembaruan untuk versi Android dan iOS dengan beberapa fitur yang bisa membantu pengguna untuk mendapatkan informasi tentang kondisi area agar pengguna dapat berpergian dengan aman.

Dilansir dari situs web Mashable.com, ketika pengguna mencari arah menggunakan transportasi umum, Google Maps akan menampilkan peringatan terkait COVID-19. Google Maps hanya menunjukkan data yang tersedia jika informasi dari agensi transportasi lokal sudah didapatkan.

Google akan memunculkan pemberitahuan informasi publik COVID-19, sebagai tahap awal peringatan. Fitur ini sudah dirilis di negara Argentina, Australia, Belgia, Brasil, Kolombia, Prancis, India, Meksiko, Belanda, Spanyol, Thailand, Inggris, dan Amerika. Google mengatakan bahwa mereka akan meluncurkan ke lebih banyak negara secepatnya.

Google Maps akan menampilkan peringatan ketika pengguna melakukan navigasi ke fasilitas kesehatan atau pusat pengujian COVID-19. Memperingatkan pengguna untuk memverifikasi kelayakan dan panduan fasilitas untuk menghindari putar balik atau ketegangan ketika mendekati pusat kesehatan lokal.

Peringatan untuk fasilitas kesehatan sedang berlangsung pekan ini di negara Indonesia, Israel, Filipina, Korea Selatan, dan Amerika. Peringatan untuk pusat pengujian hanya akan tersedia di Amerika. Google mengatakan bahwa mereka hanya akan memunculkan peringatan ketika telah mendapatkan data resmi dari pemerintah lokal, negara bagian dan federal atau dari situs web mereka.

Google menambahkan aplikasi ini juga akan memberi tahu pengguna seberapa padatnya bus, kereta bawah tanah, dan stasiun transit. Pengguna juga akan melihat prediksi kepadatan yang dapat dibaca untuk berbagai titik dalam sehari sehingga pengguna dapat merencanakan perjalanannya.

Google Maps juga menambahkan peringatan tentang informasi penting terkait keselamatan serta sejumlah lokasi kesehatan publik. Aplikasi ini akan menunjukkan peringatan saat pengguna sedang mengemudi.

Fitur ini juga akan mengingatkan tentang adanya pos pengecekan COVID-19 dan pembatasan di sepanjang rute. Sebagai contoh ketika seseorang melakukan perjalanan lintas negara. Pada tahap awal fitur ini hanya akan tersedia di Kanada, Meksiko, dan Amerika.(na/hh)