Apple Akui Adanya Masalah Pada iPhone dan iPad

logo huawei

Apple beberapa hari lalu mengkonfirmasi adanya masalah pada perangkat iPhone dan iPad kepada para penggunanya. Berdasarkan forum teknologi dan media sosial di Reddit.

Sejumlah pengguna menyebutkan adanya masalah pada layar setelah mereka memperbarui iOS 13.4, namun tidak sedikit juga yang menyebutkan masalah ini muncul saat upgrade iOS 13.5.

Dilansir dari situs web Forbes.com, masalah warna hijau yang muncul pada layar terjadi saat pencahayaan rendah, sebagian pengguna ada juga yang mengatakan masalah tersebut hanya terjadi sesaat setelah membuka ponsel mereka.

Sementara yang lainnya mengaku mengalaminya secara permanen. Masalah ini banyak ditemukan di iPhone 11, iPhone 11 pro, iPhone pro Max, iPhone X, dan iPhone XS.

Pengguna mengeluhkan warna kehijauan muncul saat mereka melakukan screenshot pada layar. Mengingat laporan masalah ini muncul setelah melakukan pembaruan iOS. Tentu saja hal tersebut mungkin merupakan kombinasi dari masalah software dan hardware dengan sekumpulan layar OLED yang terkena dampak dari pembaruan iOS.

Pengguna iPhone yang terdampak mengatakan bahwa masalah tersebut tetap ada dalam iOS 13.5.5 beta, jadi belum ada kepastian mengenai perbaikan, baik melalui software maupun hardware.

Apple pun sudah mengkonfirmasikan adanya masalah ini, namun Apple mengatakan ada kemungkinan masalah ini tidak hanya dari software tapi juga hardware iPhone. Apple mengatakan pihaknya sudah meminta para reseller untuk mengganti layar yang masih dalam garansi.

Di sisi positifnya, inklusivitas yang dimiliki iOS 14 bisa memberikan sedikit waktu untuk Apple, namun intinya sekarang adalah bagaimana perusahaan bisa menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi pada para penggunanya. Kabarnya, Apple akan segera memberikan update terkait laporan pengguna akan masalah tersebut.

Apple juga memperkenalkan layanan bernama ‘Sign in With Apple’ di platform-nya, layanan ini merupakan layanan login di mana pengguna dapat menggunakan ID Apple untuk mendaftar dan masuk pada layanan-layanan online lainnya.

Layanan ‘Sign in With Apple’ menambah layanan login yang ada seperti milik Facebook atau Google. Apple menyebut aplikasi yang mewajibkan untuk login dengan ‘Sign in With Apple’ diantaranya Apple, Dropbox, Spotify, AirBnb, dan Giphy yang saat ini sudah diakuisisi Facebook.(na/hh)