Google Terima Dana 125 Juta Dolar Untuk Proyek Koneki Internet Global

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Dua proyek futuristik bersatu untuk membantu meningkatkan akses internet secara global setelah Loon, proyek koneksi internet melalui balon milik Google mengambang, akhirnya mengumumkan telah mendapatkan dana dari SoftBank, kini proyek untuk menghadirkan konektivitas internet ke daerah-daerah terpencil itu kembali berlanjut.

Menurut The Guardian, HAPSMobile proyek milik SoftBank yang juga berfokus pada peningkatan konektivitas internet global, telah menginvestasikan dana sebesar 125 juta dolar ke Loon. Kerjasama tersebut mencakup opsi bagi Loon untuk melakukan investasi timbal balik senilai 125 juta dolar di HAPSMobile, termasuk rencana kerjasamanya.

HAPSMobile adalah perusahaan patungan yang telah berusia satu tahun antara SoftBank dan AeroVironment perusahaan asal Amerika. Perusahaan ini telah mengembangkan drone bertenaga surya yang dirancang untuk memberikan konektivitas 5G dengan cara yang sama seperti yang telah dicoba oleh Facebook sebelumnya.

Namun, perusahaan jejaring sosial itu membatalkan drone Aquila-nya tahun lalu, meskipun dilaporkan telah bekerja sama dengan Airbus untuk melakukan uji coba di Australia.

Facebook telah gagal untuk mewujudkannya, tetapi HAPSMobile telah membuat kemajuan yang menjanjikan. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa drone HAWK 30-nya yang telah menyelesaikan pengembangan awal dan akan melakukan uji coba pertamanya pada tahun ini.

Sementara itu, proyek konektivitas balon milik Google, Loon, adalah salah satu proyek pertama yang mengikuti gagasan konektivitas berbasis udara dengan peluncuran perdananya pada tahun 2013. Bisnis ini dipisahkan dari X, divisi “moonshot” dari Alphabet, tahun lalu. Walaupun hal ini masih merupakan sebuah karya yang masih dalam proses, tetapi semunya dikembangkan dari ide awal yang telah dipikirkan oleh Google.

Loon juga telah berperan serta dalam menghubungkan mereka yang terkena dampak dari bencana banjir di Peru pada tahun 2017. Selain itu, Loon juga membantu mereka yang terkena dampak Badai Maria di Puerto Rico tahun lalu. Loon mengklaim bahwa balonnya telah terbang lebih dari 30 juta km dan menyediakan akses internet bagi “ratusan ribu” orang di seluruh dunia.

Sebagai tahap awal, kedua belah pihak telah mengatakan akan membuat balon mereka terbuka, sehingga dapat digunakan oleh siapa saja yang memerlukan. HAPSMobile melihat bahwa mereka dapat memanfaatkan balon Loon untuk konektivitas dan juga sebaliknya.

Pada saat terhubung, mereka bersama-sama akan mengembangkan muatan komunikasi di kedua layanan. Mereka juga berencana untuk mengembangkan stasiun darat bersama yang dapat bekerja dengan teknologi yang dikembangka oleh masing-masing pihak.

Investasi yang telah dilakukan oleh SoftBank memperlihatkan minat mereka di bidang teknologi dan tidak terbatas pada startup baru saja. Bahkan sebuah usaha yang sudah lebih mapan juga bisa mendapatkan investasi dari mereka

Vision Fund mengumumkan rencana untuk melakukan investasi sebesar 1 miliar dolar di perusahaan pembayaran Jerman Wirecard dan sebelumnya mereka juga telah melakukan investasi pada ARM dan Nvidia, meskipun SoftBank telah menjual sahamnya.(hh)