Google Tutup Aplikasi Google Shopping Seluler

logo huawei

Google mengumumkan bahwa akan menutup aplikasi Belanja selulernya untuk iOS dan Android dan mengarahkan pengguna ke situs Belanja webnya sebagai gantinya. Pengembang Xda menemukan bahwa istilah “matahari terbenam” telah ditambahkan ke beberapa string kode di aplikasi Belanja yang menunjukkan aplikasi tersebut dihentikan.

Seorang juru bicara Google mengatakan bahwa aplikasi ini masih berfungsi hingga bulan Juni.

“Dalam beberapa minggu ke depan, kami tidak lagi mendukung aplikasi Belanja. Semua fungsionalitas yang ditawarkan aplikasi kepada pengguna tersedia di tab Belanja. Kami akan terus membangun fitur dalam tab Belanja dan platform Google lainnya, termasuk Google app yang memudahkan orang untuk menemukan dan berbelanja produk yang mereka sukai. Situs shopping.google.com akan tetap aktif,” kata juru bicara Google kepada 9to5 Google.

Dilansir dari situs The Verge, aplikasi Google Shopping memungkinkan pengguna memilih barang-barang di antara ribuan toko online dan melakukan pembelian menggunakan akun Google mereka untuk berbelanja dengan cepat serta membeli barang menggunakan Akun Google.

Beberapa pengguna masih bisa menggunakan Google Shopping di aplikasi Android dan berfungsi normal, tetapi beberapa pengguna sudah melihat pesan “ada yang tidak beres” ketika mereka mencoba menggunakan aplikasi Belanja.

Penggunaan aplikasi ini di Android maupun web pada dasarnya sama. Feed atau beranda memberikan daftar rekomendasi produk yang mungkin di minati pengguna. Sementara itu, pengguna juga dapat melihat daftar produk yang “Tersimpan”. Tab “Pemberitahuan” menunjukan pembaruan dan promosi pesanan, sedangkan “Keranjang” memungkinkan pengguna memulai proses pembelian.

Pengguna dapat mengetuk avatar profil di bilah pencarian yang memungkinkan Anda melihat “Pesanan” yang lalu dan menyusun ulang dengan cepat. Web dan aplikasi Android memiliki kesamaan fitur dengan yang terakhir dibangun menggunakan Flutter.(na)