Spotify dan Linkedln Kembangkan Fitur Mirip Clubhouse

logo huawei

Popularitas platform ruang audio Clubhouse akhir-akhir ini memang menanjak secara drastis sejak perilisannya. Tak heran banyak pengembang aplikasi media sosial lainnya turut membuat tiruan Clubhouse.

Spotify dan Linkedln dikabarkan sedang mengembangkan fitur audio chat di platform mereka. Spotify mengumumkan telah mengakuisisi Betty Labs, pengembang aplikasi live-audio bernama Locker Room yang fungsinya seperti Clubhouse. Aplikasi Locker Room saat ini baru tersedia secara eksklusif untuk iOS dan dirancang khusus untuk penggemar olahraga. Spotify berencana untuk memperluas jangkauan dan fiturnya dalam beberapa bulan mendatang.

“Spotify akan berkembang dan memperluas Locker Room menjadi pengalaman audio langsung yang disempurnakan untuk lebih banyak pencipta dan penggemar. Melalui pengalaman live baru ini, Spotify akan menawarkan beragam program olahraga, musik, dan budaya, serta sejumlah fitur interaktif yang memungkinkan pembuat konten terhubung dengan penonton secara real time,” kata perusahaan.

“Kami akan memberikan kesempatan kepada atlet, penulis, musisi, penulis lagu, podcaster profesional, dan suara global lainnya untuk mengadakan diskusi real time, debat, dan Ask me anything (AMA), dan masih banyak lagi,” tambah Spotify.

Dilansir dari situs XDA Developers, tak hanya Spotify yang sedang mengembangkan fitur mirip Clubhouse, namun LinkedIn juga berencana menghadirkan fitur ruang audio.

Seorang analis media sosial Alessandro Paluzzi menemukan bukti dalam kode LinkedIn bahwa layanan tersebut sedang mengerjakan fitur serupa. Meski audio room belum berfungsi, tetapi desain saat ini terlihat mirip dengan Clubhouse. Orang-orang tertentu memiliki peran sebagai pembicara, sementara yang lain dapat bergabung ke ruangan sebagai pendengar dan kemudian meminta untuk bergabung dengan pembicara.

Tak lama setelah Paluzzi men-tweet tangkapan layar ini, Direktur Senior Produk di LinkedIn membalas tweet dan mengkonfrimasi bahwa fitur tersebut akan segera datang dan dalam masa pengembangan.

Beberapa aplikasi dan platform lain saat ini sedang mengerjakan fitur mirip Clubhouse, termasuk Slack, Discord, Facebook, dan Telegram.(na)

%d bloggers like this: