Google Wikipedia Kerjasama Terjemahkan Konten Dalam Bahasa Indonesia

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Google telah bekerjasama dengan Wikipedia untuk membuat konten berbahasa Inggris lebih mudah diakses oleh masyarakat di Indonesia.

Perusahaan teknologi raksasa asal Amerika itu mengumumkan kerjasama tersebut, bersamaan dengan kemitraan lain dan produk-produk baru dari Google pada acara tahunan Google untuk Indonesia.

Google akan mengidentifikasi artikel Wikipedia yang relevan yang hanya tersedia dalam bahasa Inggris dan menerjemahkannya ke dalam Bahasa Indonesia menggunakan sistem penterjemah kecerdasan buatannya. Kemudian Google akan “memunculkan” artikel yang diterjemahkan ini dalam pencarian, jelas direktur pelaksana Google di Indonesia di dalam sebuah tulisan di blognya.

Googlr melihat adanya peluang besar karena kurang dari satu persen konten daring dalam Bahasa Indonesia. Sementara akun bahasa untuk bagian yang sangat kecil, penelitian dari Statista memperlihatkan itu masih berada di peringkat antara enam teratas yang paling umum digunakan secara online.

Jika kolaborasi ini berhasil, Google dapat meningkatkan popularitasnya di Indonesia dan mengumpulkan data berbasis teks untuk meningkatkan alat penterjemahnya. Itu juga bisa membuka kemitraan baru dengan penyedia konten online lainnya untuk memperluas jangkauannya.

Namun, hal ini juga mempertanyakan seberapa akurat hasil terjemahan Google nantinya. Sebuah studi tahun 2016 oleh peneliti Indonesia dari Universitas Negeri Yogyakarta menemukan bahwa terjemahan Google ke Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris hanya akurat 49,1 persen.

Google memasuki pasar Indonesia pada tahun 2012, Indonesia merupakan pasar terbesar dan memiliki pertumbuhan yang paling cepat di kawasan ASEAN. Sejak saat itu, investasi besar di kepulauan ini telah menawarkan pelatihan kepada lebih dari 1 juta pengusaha kecil dan menengah Indonesia (UKM) dan akanmelatih 100.000 pengembang seluler di Indonesia hingga tahun 2020.

Google juga mengumumkan bahwa mereka berikeinginan untuk melatih satu juta UKM di Indonesia hingga tahun 2020.

Google juga mengatakan bahwa Google Asisten dalam Bahasa Indonesia akan menjadi lebih bermanfaat dan bahkan lebih banyak kosa kata bahasa Indonesia. Misalnya, orang Indonesia sekarang dapat meminta Googel Asisten untuk memesan transportasi online tanpa harus membuka aplikasi dan mengetikan alamatnya serta membacakan berita terbaru.

Tapi sama seperti aplikasi suara lainnya, Google Asisten masih kesulitan memahami berbagai bahasa dan aksen.(hh)

https://www.techinasia.com/google-partner-wikipedia-indonesia