GPU M1 Max Apple 3x Lebih Cepat Dari M1

logo huawei

Hasil benchmark M1 Max yang seharusnya mengungkapkan GPU chip setidaknya tiga kali lebih cepat daripada M1 generasi pertama yang disertakan dalam MacBook Pro 13 inci tahun 2020.

Posting Geekbench yang belum dikonfirmasi pada hari Rabu menunjukkan M1 Max dengan memori terpadu 64GB mencatat skor Logam 68870. Hasil itu dibandingkan dengan skor rata-rata sekitar 21800 untuk MacBook Pro 13-inci dengan chip M1.

M1 Max juga telah mengalahkan skor Metal yang dicatat untuk AMD Radeon Pro 5600M, GPU ini adalah GPU dengan performa tinggi yang ditawarkan dengan MacBook Pro 16 inci tahun lalu, menurut Geekbench hal ini dapat melampaui MacBook sebesar 62%.

Pada acara “Unleashed” pada hari Senin, Apple menggembar-gemborkan kinerja maksimum yang setara dengan GPU pada laptop dan PC kelas atas. Apple menawarkan M1 Max dalam konfigurasi GPU 24- dan 32-core, yang keduanya dapat disertai dengan RAM terpadu hingga 64GB.

“M1 telah mengubah sistem kami yang paling populer dengan kinerja luar biasa, teknologi khusus, dan efisiensi daya terdepan di industri. Tidak ada yang pernah menerapkan desain system-on-a-chip ke sistem pro hingga hari ini dengan M1 Pro dan M1 Max,” kata Johny Srouji, Wakil Presiden Senior Teknologi Perangkat Keras di Apple.

Seperti yang dicatat oleh pengembang Steve Troughton-Smith, skor yang diposting hari ini kurang dari lebih dari 90000 poin yang dicapai oleh versi laptop RTX 3080 kelas terkemuka Nvidia, hal ini menunjukkan bahwa mereka milik M1 Max dengan GPU 24-core.

Menurut appleinsider.com, Skor Metal hari ini telah tiba dua hari setelah skor CPU single-core dan multi-core pertama yang menghantam Browser Geekbench. Pada hasilnya ia menggambarkan peningkatan 50% dari M1 8-core. Tes berikutnya telah diposting dan menguatkan hasil awal.

M1 Max bergabung dengan M1 Pro sebagai desain silikon level pro baru Apple. M1 Pro memiliki CPU 8 atau 10 inti dan GPU 14 atau 16 inti, sedangkan M1 Max dilengkapi dengan CPU 10 inti dan GPU 24 atau 32 inti. Sebagian besar konfigurasi tersedia di model MacBook Pro 14 dan 16 inci.

M1 max sama-sama berkonfigurasi 10 core di CPU nya. Tetapi, memiliki bandwidth memori hingga 400 GB/detik, RAM hingga 64 GB, GPU 32 core (4x lebih baik dari M1), serta 57 miliar transistor. Sejauh ini, M1 max adalah chip terbaik yang dibuat oleh apple.

“Dengan peningkatan besar dalam kinerja CPU dan GPU, bandwidth memori hingga enam kali lipat, mesin media baru dengan akselerator ProRes, dan teknologi canggih lainnya, M1 Pro dan M1 Max membawa Apple lebih jauh, dan tidak seperti apa pun dalam notebok pro lain,” kata Srouji.(ra/hh)

 

%d bloggers like this: