Hadoop Menampung Penyimpanan Data Open Source di Era Teknologi

logo huawei

Aset digital disimpan dalam bentuk Big Data. Platform penyimpanan sangat menguntungkan perusahaan di seluruh dunia, terutama pada saat pandemi ketika semua orang mulai bekerja dari jarak jauh.

Data besar mewakili volume data, baik terstruktur maupun tidak terstruktur yang dikumpulkan dalam satu sumber. Itu membanjiri bisnis sehari-hari. Data besar disimpan di berbagai komputer karena jumlahnya sangat besar. Satu komputer tidak dapat menangani data besar.

Menurut analyticsinsight.net, big data digunakan sebagai aset yang membantu organisasi untuk menganalisis prediksi secara akurat dengan bantuan Artificial Intelligence (AI). Dengan analisis data yang tajam, AI dapat memanfaatkan keputusan yang lebih baik dan langkah bisnis strategis.

Apa Itu Hadoop?
Hadoop adalah kerangka kerja sumber terbuka yang digunakan untuk menyimpan data dan menjalankan aplikasi pada kelompok perangkat keras komoditas. Ini menyediakan penyimpanan besar untuk segala jenis data, kekuatan pemrosesan yang sangat besar dan kemampuan untuk menangani tugas atau pekerjaan bersamaan yang hampir tidak terbatas. Hadoop bebas bagi siapa saja untuk melakukan modifikasi dengan sedikit pengecualian. Ini sering digunakan sebagai sistem pendukung untuk melakukan operasi data besar.

Fitur dan Modul Hadoop
Hadoop dikembangkan ketika insinyur perangkat lunak kreatif datang dengan sumber untuk menyimpan dan menganalisis kumpulan data jauh lebih lama daripada disimpan dan diakses pada perangkat penyimpanan fisik seperti hard disk. Alasan di balik ide untuk membuat sumber seperti itu adalah karena perangkat penyimpanan fisik ketika perangkat penyimpanan fisik menjadi lebih besar, membutuhkan waktu lebih lama untuk komponen yang membaca data dari disk untuk pindah ke segmen tertentu.

Hadoop sangat menonjol karena berbagai fiturnya. Beberapa dari mereka adalah,

  • Kemampuan untuk menyimpan dan menganalisis data besar
  • Kekuatan komputasi
  • Toleransi kesalahan
  • Fleksibilitas
  • Biaya rendah
  • Dan, Skalabilitas

Namun, Hadoop terdiri dari empat jenis Modul. Masing-masing membawa tugas khusus untuk menganalisis data besar. Yaitu:

  • Sistem File Terdistribusi
  • Map Reduce
  • Hadoop Common
  • Dan, YARN

Kegunaan Hadoop

Salah satu contoh penggunaan Hadoop adalah untuk melakukan Analisis data seperti dalam data besar. Karena Hadoop adalah aplikasi data besar yang diperluas, serta dapat melakukan algoritme analitik. Menganalisis data adalah di mana bagian sebenarnya dari pemanfaatan data terjadi. Hadoop berdiri sebagai kotak pasir untuk peluang yang memberikan inovasi.(ra/hh)

%d bloggers like this: