Harga Dan Ketersediaan Kartu Grafis Mulai Membaik

logo huawei

Akhir dari krisis kartu grafis mungkin tidak terlihat, tetapi ada tanda-tanda bahwa situasinya membaik. Yang terbaru adalah adanya laporan yang menyoroti penurunan harga dan peningkatan ketersediaan, terutama dalam hal produk Nvidia.

Kabar baik datang dari situs Jerman 3DCenter, yang di dalam laporannya menunjukkan harga rata-rata kartu seri RTX 3000 di Jerman telah turun dari tiga kali di atas MSRP bulan lalu menjadi hanya di bawah dua kali lipat di bulan Juni. Tentu saja harga tersebut masih sangat tinggi, tetapi penurunannya sangat cepat dan diperkirakan akan terus berlanjut menurun.

Seperti dilansir dari Techspot, sejumlah publikasi juga menulis bahwa ketersediaan lini Team Ampere team Green telah meningkat secara signifikan, satu-satunya pengecualian adalah RTX 3060 Ti, yang masih sangat diminati.

Kartu AMD telah mengalami pergerakan harga yang serupa tidak terlalu ekstrem. Produk seperti Radeon RX 6000 berada 114% di atas MSRP pada awal Mei dan telah turun menjadi 81% pada bulan Juni, meskipun ada sedikit peningkatan selama tiga minggu terakhir.

Kartu grafis RDNA 2, yang telah lama lebih sulit ditemukan daripada Ampere, ketersediaannya juga sudah mulai terlihat meningkat, meskipun tidak pada tingkat yang sama dengan harga yang ditawarkan oleh Nvidia.

Hanya saja semua informasi di sini adalah bahwa angka tersebut hanya berlaku untuk di negara Jerman, tetapi lokasi lain, termasuk Australia, mengalami tren serupa.

Laporan tersebut muncul setelah ASRock mengatakan harga kartu grafis mulai turun dan pengiriman kartu AMD sepertinya akan meningkat seiring peningkatan kapasitas produksi substrat. Sebagian besar perubahan disebabkan oleh tindakan keras Tiongkok terhadap penambangan kripto yang baru-baru ini diperluas ke provinsi Sichuan, di mana pembangkit listrik tenaga air murah telah menarik pertanian pertambangan. Ada juga kedatangan versi Lite Hash Rate (LHR) dari kartu grafis RTX 3080, RTX 3070, dan RTX 3060 Ti, serta pengecer yang menerapkan lebih banyak tindakan untuk menghentikan calo.

Pengamatan yang telah dilakukan oleh Techspot pada ketersediaan dan harga GPU menunjukkan harga jual di eBay rata-rata kartu Ampere/RDNA 2 turun -8% dari Mei hingga Juni, sedangkan seri Nvidia RTX 2000 turun -14% selama periode yang sama.(hh)