Hati-hati Gambar Profil Di Steam Ada Malwarenya

logo huawei

Sejumlah orang tidak bertanggung jawab dilaporkan telah menyembunyikan malware di gambar profil mereka di Steam, jadi berhati-hatilah dengan apa yang Anda unduh dari platform game Valve tersebut.

Seperti dilansir dari G Data Software, malware tersebut dinamakan SteamHide dan malware itu bukanlah gambar itu sendiri, tetapi tersimpan dalam metadatanya, menunggu untuk diaktifkan oleh pengunduh malware yang terpisah.

Namun, ini bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan jika Anda menggunakan Steam secara normal. Karena Anda harus mengklik sebuah email yang akan membawa Anda mengujungi situs web yang terlihat meragukan untuk mendapatkan malware tambahan yang diperlukan untuk mengaktifkan malware tersebut.

Menurut G Data, “pengguna jahat” secara khusus membuat gambar profil yang mengandung malware. Malware tersebut juga tidak dapat dideteksi oleh software antivirus. Sementara gambar profile tidak dapat berbuat banyak dengan sendirinya, G Data mengatakan itu adalah malware “payload” yang membutuhkan lebih banyak malware untuk mengaktifkannya.

Pada dasarnya, Anda harus mengunduh beberapa malware jahat lainnya (dari situs web atau email spam) yang akan bertindak sebagai decrypter. Kerusakan hanya dapat disebabkan oleh kedua malware tersebut.

“Perlu dicatat bahwa untuk menjadi target metode ini, tidak diperlukan instalasi Steam – atau platform game lainnya. Platform Steam hanya berfungsi sebagai kendaraan yang menampung file berbahaya,” jelas G Data.

“Proses mengunduh, membongkar, dan mengeksekusi muatan berbahaya ditangani oleh komponen eksternal yang hanya mengakses gambar profil pada satu profil Steam. Muatan ini dapat didistribusikan dengan cara biasa, dari email yang dibuat hingga situs web yang disusupi,” imbuh G Data.

G Data menekankan bahwa pengguna Steam tidak berisiko tinggi untuk menginfeksi perangkat mereka hanya dengan menginstal Steam. Bahkan jika mereka membuka salah satu gambar yang dimodifikasi ini dalam aplikasi tampilan tidak akan menginfeksi PC.

Cara menyembunyikan malware dalam gambar juga bukan hal baru, ini hanya saja metodenya belum pernah terlihat di platform game sebelumnya. Jadi baru kali sebuah platform game menjadi sasaran, dikarenakan Steam merupakan platform game yang popular.

Hal yang dapat Anda hindari dengan melakukan hal yang normal saja dan bersikap cerdas untuk melihat apa yang Anda akan klik. Lagi pula siapa sih yang mau repot-repot mengunduh foto profil pemain lain, tetapi jika itu memang sering Anda lakukan, Anda mungkin harus berhenti untuk menjaga keamanan PC anda.(hh)

%d bloggers like this: