IdREN Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Produktivitas Riset Perguruan Tinggi

logo huawei

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menjalin kerja sama dengan Telkom menyiapkan prasarana untuk Indonesian Research and Education Network (IdREN) di 17 perguruan tinggi seperti dilansir dari detikINET.

“Pengembangan IdREN saat ini sudah diimplementasikan pada 17 perguruan tinggi. Hingga akhir tahun 2016 program ini diperluas hingga ke-42 perguruan tinggi.” jelas Direktur Enterprise & Business Services Telkom, Muhammad Awaluddin, pada keterangannya hari Rabu (25/5/2016).

Berdasarkan keterangan yang diberikan oleh Awaluddin, IdREN adalah merupakan faktor penting yang menjadi salah satu solusi 3C (Community, Content, Connectivity) yang bisa memberikan bantuan untuk semua kalangan guna meraih pendidikan tinggi dan memproduksi sumber daya manusia yang handal serta mampu mengabdi ke masyarakat.

“Telkom mendapat kepercayaan mendukung dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi melalui pengembangan ICT (Information and Communication Technology) sebagai pendukung proses pendidikan dan pengajaran,” katanya seperti yang dikutip dari detikINET.

Gagasan untuk IdREN sendiri datang dari Telkom dimana kemudian dilakukan pelaksanaannya bersama dengan tim-tim dari lima perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang terdiri dari UI, ITB, UGM, ITS dan UB yang berfungsi sebagai hub koneksi backbone.

Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti Prof Intan Ahmad menyampaikan appresiasinya dengan adanya implementasi jaringan riset dan pendidikan nasional antar perguruan tinggi di Indonesia melalui dukungan Telkom.

“Infrastruktur IdREN ini akan memfasilitasi kolaborasi antar Perguruan Tinggi dalam kegiatan pembelajaran (daring), penelitian bersama dan pemanfaatan bersama sumber daya,” kata Intan Ahmad kepada detikINET.

Ia juga menjelaskan, IdREN adalah bagian dari REN (Research and Education Networks) yang terhubung lewat TEIN (Trans Eurasia Information Networks).

Diharapkan para pimpinan perguruan tinggi dapat memanfaatkan IdREN, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan serta produktivitas riset perguruan tinggi, yang nanti pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan produktivitas bangsa.

Koneksi yang ada sanggup memberikan transfer data kecepatan sangat tinggi dan memfasilitasi saluran khusus bagi research sharing antara setiap Perguruan Tinggi dengan konsep 3S (Single Network, Sharing Collaboration Content & Research, Sustainable Platform).

Selain memberikan dukungan koneksi IdREN juga menyediakan beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk mendukung peningkatan dalam riset serta memberikan bahan pengkajian untuk perguruan tinggi nasional. (HH)