Indosat Kerja Sama TACOM Tanah Abang Masuki Era Digital

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Di dalam tahun ini cukup banyak halangan yang di hadapi Telkom dalam menerapkan strateginya selaku operator yang telah memiliki pasar pada Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Selain Telkom kita dapat lihat juga XL Axiata dan Indosat tengah aktif menciptakan inovasi-inovasi agar dapat mengambil penguasaan Telkom di pasar sambungan yang disediakan bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah.

Tidak lama sesudah XL Axiata meluncurkan produk Infinet, disusul kemudian oleh Indosat Ooredoo yang masuk dan bekerja sama dengan TACOM (Tanah Abang Community), serta bersama Facebook, menghadirkan program Tanah Abang Goes Online.

PT Ghaniya Pradita Ecommerce adalah perusahaan pemilik brand TACOM, dimana perusahaan ini adalah perusahaan pengembang dan dveloper untuk Pasar Tanah Abang, yang meliputi Blok A, Blok B, serta Gedung Pusat Mode Tanah Abang (PMTA) di Tanah Abang, Jakarta.

Kita tentunya sudah mengetahui pasar Tanah Abang terkenal karena merupakan central jual beli bahan-bahan kain untuk pakaian dan pakaian jadi di Asia yang memiliki lebih dari 20.000 toko.

Dimana Telkom sudah lebih dulu bekerja sama dengan para pedagang di Tanah Abang dengan menghadirkan Gerai SME dan Grosir Bersama. Untuk keperluan fasilitas edukasi dapat menggunnakan Gerai SME, sementara Grosir Bersama adalah merupakan platform yang di gunakan sebagai marketplace.

Herfini Haryono selaku Director & Chief Wholesale and Enterprise Officer Indosat Ooredoo, menjelaskan pihaknya telah memerikan dukungannya pada TACOM. Dimana TACOM telah membuat dua aplikasi yang terdiri dari:

  • TACOM managed store.
  • Tanah Abang Store Listing Directory.

Dengan menggunakan kedua aplikasi platform itu, maka pelaku usaha di semua area Tanah Abang bisa mempromosikan produk adalannya lewat cara digital. Untuk melangkapi lingkungan sistim ecommerce maka pihak Indosat pun menyediakan prasarana ICT seperti sistim cloud, Data Center, Mobile Platform dan konektifitasnya.

Pada kesempatan itu Herfini juga mengatakan, ini merupakan kebanggan tersendiri untuk Indosat Ooredoo dengan bisa berpartisipasi dalam memberikan dukungan untuk para pelaku usaha, para penjual di pusat perkulakkan terbesar di Asia tersebut, sehingga dapat menggunakan media digital lebih maksimal untuk perkembangan usahanya. Dengan adanya kerja sama yang telah dibuat dengan TACOM, Indosat Ooredoo bakal menyiapkan penyelesain masalah ICT yang ada dengan kualitas yang mengikuti standar internasional.

Priamanaya Djan CEO TACOM Indonesia, mengatakan, besar harapannya para penjual di Pasar Tanah Abang bisa menggunakan dunia digital guna melebarkan wilayah penjualan mereka, serta dapat membantu membuat lebih cepat, mudah dan aman untuk sistim transaksinya, serta tentunya dapat membantu menambah penghasilan mereka.