Ingin Memotret Bulan di Ponsel atau Kamera? Ini Cara dan Pengaturan yang Tepat

logo huawei

Dengan bulan purnama September 2021 yang juga dikenal sebagai “Harvest Moon”, banyak orang akan mengeluarkan ponsel mereka untuk mencoba dan mengambil gambar yang layak untuk di pasang di media sosial mereka seperti di Instagram, tetapi cukup sulit untuk mengambil gambar bulan yang bagus.

Ada dua alasan mengapa hal itu bisa terjadi, pertama karena jaraknya sangat jauh. Kecuali jika Anda memiliki lensa telefoto, bulan akan selalu muncul sebagai titik bercahaya yang sangat kecil dalam bingkai.

Dan kedua, memotret di malam hari sangat sulit. Kamera profesional memungkinkan Anda untuk mengubah ISO atau level sensitivitas Anda yang berarti Anda dapat memotret dalam situasi cahaya rendah tanpa kehilangan kualitas gambar.

Jadi bisakah Anda menggunakan kamera ponsel cerdas Anda?

Jawaban singkatnya adalah ya, tetapi disarankan mengunduh aplikasi untuk lebih membantu dan memotret bulan dengan menggnakan aplikasi akan lebih baik daripada menggunakan kamera yang ada di iPhone atau Android.

Beberapa aplikasi memungkinkan Anda meningkatkan level sensitivitas dan memungkinkan Anda memotret dalam cahaya redup. Pastikan ada elemen lain pada gambar, sehingga tidak hanya memotret bulan saja, seperti ada jembatan atau gunung yang indah. Ini memungkinkan pemirsa untuk mendapatkan perspektif tentang ukuran bulan dan juga menciptakan gambar yang lebih menarik.

Tetapi, tetap ada kemungkinan bahwa dengan aplikasi ini Anda akan sedikit kecewa dengan hasilnya.

Dilansir dari guardian.com, Untuk mengambil gambar bulan yang menakjubkan, Anda benar-benar membutuhkan lensa telefoto atau zoom semakin tinggi level zoom semakin baik. Selain kamera profesional dan tripod, gunakan juga pelepas kabel atau penghitung waktu tunda dua detik Anda untuk melepaskan rana.

Ini akan membantu mencegah guncangan kamera saat menekan tombol serta memungkinkan Anda untuk tidak hanya meningkatkan ukuran bulan dalam sebuah bingkai tetapi juga untuk mendapatkan semua detail di dalamnya sambil menjaga gambar setajam mungkin.

Kualitas tentunya akan berubah-ubah tergantung pada kualitas kamera yang Anda gunakan. Tetapi Anda pastikan ISO Anda ponsel cerdas disetel ke 100, untuk menjaga kualitas gambar tetap tertinggi. Atur ukuran file Anda ke Raw ini memungkinkan ukuran file terbesar yang dimiliki kamera Anda. Sementara untuk Aperture tidak begitu penting saat memotret bulan, jadi bidik sekitar f8.

%d bloggers like this: