Instagram membuka fitur penandaan produknya untuk semua pengguna di Amerika Serikat, yang berarti Anda tidak lagi memerlukan akun bisnis atau kreator untuk menandai produk di postingan Anda. Mulai hari ini, fitur tersebut akan mulai diluncurkan ke semua orang dalam beberapa bulan ke depan. Instagram telah berubah menjadi aplikasi di mana hampir semua hal dapat dibeli, dan sekarang Anda dapat membeli tampilan yang sama seperti yang dikenakan teman Anda di postingan mereka.
Menurut theverge.com, platform ini meluncurkan penandaan produk pertama kali pada tahun 2016 sebagai bagian dari dorongan awal ke e-commerce, kemudian mendukung penandaan produk dalam postingan dan cerita video (dan, akhirnya, Reels). Saat pengalaman belanja Instagram terus berkembang, platform menambahkan fitur checkout asli yang memungkinkan Anda membeli produk langsung dari tag dan juga memberi pembuat kemampuan untuk menandai produk di pos mereka.
Untuk menandai produk, mulailah dengan membuat postingan seperti biasanya. Setelah memilih filter dan melakukan penyesuaian, lanjutkan ke halaman berikutnya dan beri tag merek produk di postingan Anda menggunakan opsi Tandai orang. Dari sini, Anda akan melihat Tandai produk tempat Anda dapat mengetuk produk di foto atau video Anda, lalu mencari produk merek tersebut untuk menambahkan tag. Pengguna lain akan dapat melihat tag produk di postingan Anda dan dapat mengetuknya untuk melakukan pembelian.
Juru bicara Meta, Anne Yeh mengatakan bahwa influencer tidak akan menerima imbalan dari pembelian apa pun yang dilakukan melalui tag produk, tetapi platform saat ini sedang menguji program afiliasi dengan pembuat tertentu yang memungkinkan mereka mendapatkan komisi melalui produk yang ditandai.
Instagram sudah memiliki jumlah pengguna yang mengesankan yang menandai produk di pos mereka, dengan 1,6 juta orang menandai setidaknya satu produk per minggu. Memperluas fitur ke seluruh basis pengguna yang dikabarkan berjumlah 2 miliar akan membantu memperluas visibilitas produk melalui pos organik yang tidak disponsori yang dapat membuka pasar pengguna yang sama sekali baru yang ingin berbagi produk yang mereka gunakan dengan teman dan keluarga di aplikasi.(ra/hh)