Instagram Luncurkan Panduan Kesehatan untuk Pandemi COVID-19

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Platform media sosial berbagi foto dan video singkat Instagram meluncurkan fitur baru yang mempermudah para pengguna untuk berbagi aktivias dan konten lainnya di tengah masa karantina akibat pandemi COVID-19.

Sebuah fitur panduan yang memungkinkan pengguna membuat konten bersama dalam satu lokasi, dengan yang pertama diatur untuk fokus konten tentang kesehatan mengingat saat ini sedang terjadi pandemic COVID-19.

Dilansir dari situs web TheVerge.com, beberapa fitur panduan ini termasuk salah satu dari American Foundation for Suicide Prevention “Mental Health and COVID-19,” yang mengumpulkan konten grup menjadi satu tempat yang mudah ditemukan.

Heads Together, suatu kelompok kesehatan mental dan memiliki panduan serupa yang mengumpulkan postingan Instagram yang isinya mengingatkan orang-orang untuk bersikap ramah kepada satu sama lain, mengajak untuk merawat diri, dan mengungkapkan perasaan mereka.

Panduan bisa ditemukan di tab baru yang terpisah pada profil pengguna dan menggabungkan beberapa posting dan video Instagram dengan tips, komentar, dan saran di satu tempat. Foto, galeri, dan video yang ditautkan dalam Panduan dapat berasal dari profil pengguna sendiri atau dapat diambil dari berbagai pembuat konten lain di Instagram; mengetuk foto atau video dalam Panduan menautkan pengguna ke pos asli.

Fitur panduan dapat dibagikan ke Cerita Instagram dan dalam pesan langsung ke pengguna Instagram lainnya. Mereka juga akan mulai muncul di tab Jelajahi “dalam beberapa hari mendatang,” kata perusahaan.

Untuk saat ini, fitur panduan tampaknya terbatas hanya untuk pengguna yang berfokus pada kesehatan dan perusahaan yang dipilih Instagram untuk meluncurkan fitur, tetapi mudah untuk membayangkan Instagram meluncurkan alat untuk beragam topik yang jauh lebih besar di masa depan.

Instagram juga akan memberikan stiker-stiker menarik, pengguna dapat menggunakannya melalui menu stiker di instastories dengan kata kunci “COVID-19”, stiker tersebut berisi himbauan agar pengguna selalu menjaga jarak dengan orang lain dan tetap dirumah agar menekan angka penyebaran COVID-19.

Instagram juga memberikan stiker untuk informasi terpercaya mengenai virus corona dan akan segera menghapus konten yamg berisi klaim medis tanpa terverifikasi otoritas kesehatan.(na/hh)