GIG, Layanan Internet Fiber dari Indosat Ooredoo

logo huawei

Indosat Ooredoo resmi memperkenalkan layanan internet terbarunya yang berbasis fiber optik yang bernama GIG. GIG merupakan kelanjutan dari komitmen Indosat Ooredoo untuk mengembangkan Indonesia Digital Nation dan jaringan internet fiber pertama untuk area residensial. Dengan berlangganan GIG, pelanggan akan mendapatkan manfaat dari koneksi full fiber optic tanpa batas, dapat diandalkan, dan koneksi internet yang stabil mulai dari 15MBps hingga 1GBps untuk meningkatkan pengalaman digital yang lebih baik. Layanan yang diperkenalkan dari hasil kolaborasi antara Indosat Ooredoo dan Google ini juga menawarkan perangkat streaming Chromecast, laptop Chromebook, dan ruang peyimpanan Google Drive yang bisa didapatkan dari berlangganan GIG.

“Ini merupakan kelanjutan dari semangat baru kami dalam membangun Indonesia Digital Nation. Dengan hadirnya GIG, kami ingin memberikan akses yang lebih baik dan lebih banyak di tempat tinggal sehingga para anggota keluarga tetap terhubung dengan dunia digital dan menikmati semua hiburan digital bersama-sama. Kami memahami bahwa semua perjalanan berawal dari rumah,” ujar President Director & CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli.

Alex pun optimis jika layanan GIG untuk bisa bersaing dan mendapatkan respon yang positif dari masyarakat. “Kita tidak akan launching produk kalau tidak bisa menjadi game changing,” katanya.

Berbeda dengan layanan fiber optic lainnya seperti IndiHome, First Media, My Republic, dan lainnya, Indosat Ooredoo menerapkan skema tarif yang berbeda-beda untuk tiap pelanggan, tergantung paket langganan dan wilayahnya. Menurut Head of Public Relations Indosat Ooredoo, Adrian Prasanto, tarif tersebut tergantung dari infrastruktur di setiap daerah yang didukung oleh Indosat Ooredoo. Bahkan, tarif tersebut bisa berbeda-beda meskipun masih sama-sama di wilayah Jakarta.

“Contoh layanan yang 5 Mbps, yang di daerah Kalibata City per bulannya Rp250 ribu. Sementara di daerah Slipi, Rp275 ribu,” katanya.

Sudah Aktif Sejak 2015

Menurut Chief New Business & Innovation Officer Indosat Ooredoo, Prashant Gokarn, Layanan GIG ini sudah aktif sejak Q2 2015 lalu atau tepatnya GIG telah berjalan selama 9 bulan. Selama rentang waktu tersebut, GIG sudah terpasang dan aktif di 100 ribu rumah. Saat ini Gig sudah tersedia di sejumlah apartemen yang berlokasi Jabodetabek dan Bandung. Selama tahun 2016 ini, Indosat menargetkan pasarnya ke kota besar lain seperti Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Balikpapan dan Bali.

“Kami akan menambah cakupan di 10 sampai 12 kota tahun 2016 ini,” ujar Arpad Istvan Kiraly Commercial and Business Director IM2.

Coba Berikan Hiburan untuk Keluarga

Lewat kolaborasi bersama Google, pelanggan dari GIG disuguhkan beberapa pilihan untuk beberapa produk dari Google, seperti Chromecast, Chromebook, dan Google Drive. Chromecast misalnya, perangkat berukuran kecil ini merupakan alat untuk media streaming yang memungkinkan pengguna untuk menayangkan konten yang berada di smartphone ke layar TV. Keluarga pun dapat menikmati berbagai video HD dari YouTube dan berbagai penyedia konten lainnya, hanya dengan menggunakan ponsel pintar mereka sebagai remote.

“Sekarang ini, keluarga Indonesia cenderung menikmati hiburan mereka di ruangan masing-masing melalui TV atau gadget. Kami ingin membawa para keluarga untuk kembail berinteraksi di ruang keluarga sambil menikmati media digital. Dengan Chromecast, keluarga dapat menikmati film, acara TV, musik, dan bermain game bersama-sama,” ujar Alexander Rusli. “Dengan perangkat seperti Chromecast dan akses internet cepat yang mendukung, kita dapat melihat teknologi dapat menyatukan manusia, bukan memisahkan.” Lanjutnya. [MFHP]