Jangan Hubungkan iPhone Anda ke Jaringan Wifi Ini!

logo huawei

Jika Anda memiliki iPhone, waspadalah terhadap jaringan wifi aneh dengan nama “%p%s%s%s%s%n”. Nama ini menyebabkan bug yang membuat iPhone menjadi lambat. Jangan sambungkan ke jaringan ini kecuali Anda ingin fungsi wifi ponsel Anda rusak.

Seperti dilansir dari Gizmodo, bug tersebut ditemukan oleh peneliti keamanan Carl Schou, yang membagikan masalah tersebut di Twitter. Schou menjelaskan bahwa setelah dia bergabung dengan jaringan “%p%s%s%s%s%n”, iPhone-nya menonaktifkan fungsi wifinya secara permanen. Menurut 9to5Mac, bug juga memengaruhi iPad, serta layanan seperti AirDrop. Perangkat tidak dapat terhubung ke jaringan wifi bahkan setelah di-reboot atau mengubah SSID hotspot.

Schou tidak mengungkapkan secara pasti bagaimana dia menemukan bug tersebut, meskipun dikonfirmasi oleh pengguna Twitter lainnya yang mencoba terhubung ke jaringan wifi dengan nama itu. MacRumors melaporkan bahwa wifi di ponsel Android sepertinya tidak putus saat terhubung ke jaringan yang sama.

Untungnya, bug tersebut tampaknya tidak menyebabkan kerusakan permanen pada perangkat keras Apple Anda dan dapat diperbaiki. Setelah Anda mengatasi kemarahan dan frustrasi Anda jika Anda menemukan diri Anda dalam situasi seperti ini.

Perbaikannya sederhana. Anda hanya perlu mengatur ulang semua pengaturan jaringan, catat 9to5Mac. Ini dapat dilakukan dengan masuk ke Pengaturan – Umum – Atur Ulang – Atur Ulang Pengaturan Jaringan. Melakukan ini akan mengatur ulang semua jaringan wifi yang tersimpan di iPhone Anda, akibatnya akan menghapus nama jaringan tersebut dari memori perangkat. Setelah itu, ponsel Anda seharusnya dapat terhubung ke wifi secara normal lagi.

Mengenai alasan di balik bug, tampaknya ada masalah penguraian input yang membuat iOS berpikir karakter yang mengikuti tanda persen adalah penentu format string, mengacu pada nama variabel atau perintah yang digunakan dalam bahasa pengkodean. Beberapa percaya bahwa ini pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan memori, yang akan menyebabkan sistem di iOS menghilangkan prosesnya, dan termasuk fungsi wifi Anda.

Meskipun Anda tidak menemukan jaringan wifi bernama “%p%s%s%s%s%n” setiap hari, yang terbaik adalah waspada terhadap jaringan apa pun dengan tanda persen atau dalam kasus yang sama seperti ini sampai Apple memperbaikinya. masalah dalam pembaruan.(hh)

%d bloggers like this: