Jepang Mulai Kembangkan Teknologi 6G

logo huawei

Ada laporan bahwa Jepang sudah mulai menyusun rencana untuk mengembangkan teknologi 6G yang akan diimplementasikan pada tahun 2030. Negara kepulauan tersebut tengah mengerjakan strategi 6G untuk 2030, meskipun penerapan teknologi 5G berjalan lambat.

Seperti dilansir dari Total Telecom, Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang merencanakan untuk kerjasama antara masyarakat dan pemerintah untuk melakukan penelitian Januari ini. Komisi yang dibentuk itu nantinya akan fokus pada kebijakan, teknologi dan potensi penggunaan teknologi. Menrut media lokal pertemuan pertama kerjasama tersebut dapat berlangsung pada Senin ini.

Pemain utama di industry telekomunikasi Jepang, seperti NTT dan Toshiba, dilaporkan juga akan diundang untuk menyampaikan pandangan mereka tentang potensi 6G dan kebijakan yang terkait pada bulan Juni tahun ini.

Seperti biasa, banyak spekulasi yang muncul tentang potensi teknologi masa depan ini, beberapa pakar menyatakan bahwa itu bisa sepuluh kali lebih cepat dari 5G. Manfaat lain adanya kemungkinan kemampuan untuk menghubungkan berbagai perangkat secara bersamaan dengan lancar, meningkatkan keamanan dan mengurangi konsumsi daya.

Tahun lalu, pemerintah Jepang menjanjikan dana sebesar 220 miliar yen atau sekitar 2 miliar dolar untuk mendorong sektor swasta melakukan penelitian untuk teknologi 6G.

“Introduksi standar yang lancar untuk jaringan komunikasi nirkabel generasi mendatang sangat diperlukan untuk meningkatkan daya saing internasional Jepang,” kata menteri komunikasi Jepang Sanae Takaichi seperti dikutip dari Totaltele.com

Fokus pada 6G ini mungkin menjadi sesuatu yang mengejutkan, karena peluncuran 5G di Jepang belum secepat tetangga lokalnya yaitu Cina dan Korea Selatan, keduanya telah meluncurkan teknologi 5G tahun lalu.

Jepang, di sisi lain, memiliki rencana untuk meluncurkan apa yang disebut “5G lokal” pada musim semi ini, dengan infrastruktur yang akan dipasang di beberapa area tertentu, seperti rumah sakit dan pabrik tertentu. NTT juga dilaporkan berencana untuk meluncurkan layanan streaming video 5G pada bulan Maret.

Jepang bukanlah negara pertama yang berencana untuk mengembangkan 6G. Finlandia adalah salah satu negara yang secara khusus telah mengembangkan teknologi 6G. Universitas Oulu menerbitkan apa yang disebut sebagai white paper pertama tentang 6G pada bulan September. Sementara Tiongkok telah mengumumkan ambisi 6Gnya hanya beberapa hari setelah tiga operator selulernya meluncurkan 5G November lalu.

Saat ini fokus global masih pada teknologi 5G, sehingga mudah untuk melupakan bahwa teknologi ini adalah sebuah kontinum yang terus berkembang dan beringsut semakin dekat mendefinisikan ulang dirinya. (hh)