Tampilan Pertama Android Di Surface Duo Dua Layar

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

Microsoft telah meluncurkan perangkat Surface Duo pada bulan Oktober 2019. Perangkat dengan layar ganda itu memiliki ukuran dua layar 5,6 inci (1350 x 1800) yang apabila dilipat ukurannya menjadi 8,3 inci.

Selain itu, Microsoft akhirnya mengijinkan para developer untuk bermain-main dengan perangkat lunak dan aplikasi Android yang menjalankan Surface Duo. Ini semua berkat Microsoft yang telah menerbitkan emulator Android untuk pengembang.

Dalam sebuah video singkat yang berdurasi dua menit kita dapat melihat bagaimana aplikasi dan pengaturan bawaan Android akan terbuka pada satu layar penuh layar. Microsoft menjadikannya pilihan bagi pengguna untuk menjalankan aplikasi di kedua layar, dan menyarankan pengembang untuk mulai menguji aplikasi mereka serta mengoptimalkannya.

Ketika aplikasi dan menu pengaturan terbuka di layar penuh, pengguna juga dapat melihat bagaimana Microsoft merefleksikan aplikasi yang ditampilkan, sementara di layer kedua akan tampil Android. Setelah aplikasi diluncurkan, aplikasi segera mengalir ke tampilan yang berlawanan sehingga pengguna selalu mendapat akses untuk membuka lebih banyak aplikasi. Pengelolaan aplikasi Android juga hanya muncul di satu layar, sehingga memungkinkan pengguna Surface Duo untuk menarik dan melepas aplikasi ke yang kedua.

Sekarang para pengembang dapat mulai membuat aplikasi Android yang dioptimalkan untuk kedua tampilan. Ini akan menarik untuk mengetahui berapa banyak yang benar-benar dapat memanfaatkan layar ekstra tersebut.

Aplikasi tablet Android telah dikenal kurang baik di masa lalu, tetapi pendekatan Microsoft berarti mereka sebagian besar hanya akan aktif pada layar penuh dan layer tambahannya, sehingga pengguna dapat menggunakannya secara berdampingan.

Seharusnya ini dapay membuat pengalaman menggunakan Surface Duo cukup mudah diatur, tetapi bila ada aplikasi yang lebih rumit yang ingin pengguna tampilkan di kedua layer, maka akan memerlukan beberapa perbaikan untuk menghindari terputus di tengah.

Pengembang dapat mengunduh emulator Android baru tersebut dari Microsoft dan mulai menyiapkan aplikasi. Emulator ini telah dioptimalkan untuk Surface Duo, dan emulator serupa akan tersedia untuk Windows 10 bulan depan untuk para pengembang Windows agar siap untuk perangkat keras Surface Neo yang lebih besar. (hh)