Jutaan Ponsel Android Perlu Diperbaiki

logo huawei

Pakar Keamanan mengatakan bahwa adanya kerentanan dalam prosesor yang diproduksi oleh perusahaan Taiwan MediaTek yang memungkinkan aplikasi jahat untuk memata-matai penggunanya.

Pada bulan lalu, MediaTek melakukan perbaikan untuk empat bug yang diungkapkan oleh para peneliti pada perusahaan cyber Check Point.

Sirkuit chip ini ditemukan di salah satu smartphone dunia, termasuk handset kelas atas dari Xiaomi, Oppo, Realme, Vivo, dan lainnya.

Check Point memberikan rincian bahwa adanya kerentanan yang diekspos oleh tim crack dari penggemar cyber pada sebuah postingan blog minggu lalu.

Check Point juga mengatakan adanya tiga kerentanan, diantaranya ada CVE-2021-0661, CVE-2021-0662 dan CVE-2021-0663, hal ini memengaruhi perangkat keras prosesor sinyal digital audio (DSP) MediaTek. Jika dikompromikan, komponen sensitif ini dapat memungkinkan cracker untuk memata-matai obrolan pengguna dan meluncurkan serangan siber tambahan.

“Eksploitasi kerentanan DSP yang berpotensi, memungkinkan penyerang mendengarkan percakapan pengguna atau menyembunyikan kode berbahaya,” tulis para peneliti dalam laporan 24 November mereka.

Menurut thesun.co.uk, Kesalahan tersebut dapat memengaruhi kerentanan pada komponen pemrosesan AI dan audio untuk chipset MediaTek terbaru. Aplikasi itu bisa mendapatkan akses ke AI dan mencuri informasi terkait audio yang seharusnya tidak dimiliki. Secara teoritis, itu memungkinkannya untuk menguping pemilik perangkat. Sayangnya, kerentanan itu tidak dapat ditangkap oleh Check Point pada saat eksploitasi berlangsung di alam liar.

Perusahaan keamanan siber itu memberi tahu MediaTek mengenai masalah ini. Semenjak itu, ia meluncurkan patch untuk melindungi siapa pun yang terpapar oleh tiga dari mereka. Untuk yang keempat telah diungkapkan oleh peneliti dan akan diperbaiki bulan depan. Detail untuk hal tersebut masih dirahasiakan sampai bug dapat di atasi.

Sangat penting untuk memastikan perangkat Android Anda selalu up to date dengan software terbaru. Anda dapat memperbarui perangkat anda dengan masuk ke pengaturan perangkat Anda.

Untuk memeriksa apakah Anda terpapar, beberapa ponsel Android akan menunjukkan merek chip yang anda gunakan. Anda dapat mengetahui merek chip yang anda gunakan dengan masuk ke bagian Tentang di pengaturan perangkat Anda.(ra/hh)

%d bloggers like this: