Kenali Clubhouse, Aplikasi Media Sosial Baru

logo huawei

Aplikasi clubhouse mendadak jadi populer di kalangan pengguna internet. Bahkan saat ini aplikasi tersebut banyak diperbincangkan di media sosial seperti Twitter.

Thread Clubhouse pun sempat menjadi trending Twitter Indonesia. Para Netizen mengaku masih asing dengan aplikasi ini. Namun, tidak sedikit yang sudah mengenal bahkan menjadi pengguna aktif aplikasi ciptaan Paul Davison dan Rohan Seth tersebut.

Aplikasi Clubhouse kini menjadi populer dikarenakan pendiri Tesla dan Space X menggunakan aplikasi tersebut untuk berdiskusi bersama penggemarnya. Clubhouse semakin terkenal karena Elon Musk berdiskusi bersama Presiden Rusia Vladimir Putin.

Aplikasi Clubhouse sendiri didirikan pada 2020 lalu, aplikasi ini merupakan media sosial berbasis audio dimana pengguna dapat melakukan streaming audio, telepon, sampai podcast yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Alpha Exploration Co.

Secara desain Clubhouse memiliki user interface (UI) atau antarmuka pengguna yang sederhana. Hanya ada foto profil dan nama pengguna.

Di ruang atau room Clubhouse, ada aturan tiga kelompok yaitu tuan rumah (host), moderator, dan anggota audiens yang penyiapannya terlihat seperti diskusi panel virtual di konferensi.

Clubhouse memungkinkan pengguna untuk mengadakan diskusi virtual yang dapat disaksikan secara langsung oleh pengguna lainnya. Aplikasi ini juga memungkinkan untuk menampung kurang lebih 5000 partisipan. Jadi, setelah sesi perbincangan selesai ruang obrolan akan diselesaikan oleh moderator dan ditutup secara otomatis dan pengguna tidak bisa menyimpan maupun merekam sesi percakapan yang sudah berlangsung.

Pengembang Clubhouse, Alpha Exploration Co, mendapatkan investasi sebesar 12 juta Dolar US atau sekitar Rp 168 miliar dari ventura Andreessen Horowitz.

Dilansir dari Business Insider, aplikasi Clubhouse bersifat khusus undangan, artinya siapa pun yang ingin bergabung harus ”dibawa” oleh seseorang yang sudah memiliki akun.

Meski begitu, bagi pengguna baru tetap bisa download aplikasi Clubhouse dan memasukkan namanya dalam daftar tunggu. Namun dengan cara itu tak ada jaminan bisa mendapatkan akun secara langsung.

Aplikasi Clubhouse baru tersedia di platform iOS. Namun, pengguna Android tidak perlu berkecil hati karena Clubhouse sedang dikerjakan dan dikembangkan. CEO Clubhouse Paul Davidson mengatakan bahwa Clubhouse terbuka untuk semua orang, termasuk pengguna Android.(kl)

%d bloggers like this: