Kini YouTube Live Streaming Dukung Tampilan HDR

logo huawei

YouTube terus memperkuat layanannya. Kali ini, layanan berbagi video tersebut merilis dukungan HDR (high-dynamic range) untuk video siaran langsung.

Dilansir dari make use of, HDR bukanlah fitur baru untuk YouTube. Faktanya, YouTube sejak 2016 sudah mendukung video HDR, tapi hanya untuk video yang sudah direkam.

“Kami ingin terus memberikan pengalaman ini secara real-time. Itulah mengapa kami meluncurkan HDR untuk siaran langsung di YouTube,” jelas Futrell.

Untuk memanfaatkan teknologi baru ini, pembuat konten perlu menggunakan salah satu daftar Google Encoder yang mendukung. Para pemirsa yang ditargetkan untuk menjadi menonton harus melihatnya di perangkat pemutaran yang mendukung aplikasi YouTube di TV HDR, Chromecast Ultra, atau perangkat Android dengan layar HDR.

Misalnya, jika Anda ingin melakukan streaming konten game HDR, maka game tersebut harus mendukungnya, seperti halnya monitor atau TV, dan Anda perlu menggunakan encoder yang kompatibel.

YouTube mengatakan pihaknya berencana untuk menambahkan dukungan agar lebih banyak creator terutama yang memanfaatkan perangkat seluler untuk streaming dengan resolusi HDR di masa mendatang. Jika perangkat creator maupun pemirsa belum mendukung HDR, maka tidak akan melihat opsi HDR di menu pengaturan kualitas video, tetapi masih dapat menonton video dalam SDR.

Jika Anda menonton streaming yang disiarkan dalam HDR, dan Anda menggunakan perangkat yang mendukung HDR, Anda akan secara otomatis melihat konten dalam HDR.

Sesuai Bantuan YouTube, perangkat yang didukung meliputi:

  1. Aplikasi YouTube di TV HDR.
  2. Mentransmisikan ke perangkat Chromecast Ultra yang tersambung ke TV HDR.
  3. Perangkat seluler berbasis Android dengan layar HDR.
  4. PC Windows dan Mac dengan dukungan grafis HDR dan layar HDR.

Jika Anda memenuhi persyaratan, Anda akan melihat lencana “HDR” di menu pengaturan kualitas video. Anda tidak perlu mengaktifkan apa pun dan streaming akan berjalan dalam HDR secara otomatis.

Jika Anda tidak melihat lencana ini, atau perangkat Anda tidak mendukung HDR, Anda masih dapat menonton streaming langsung, tetapi itu hanya dalam rentang dinamis standar.

Video HDR memiliki keunggulan yaitu kontras yang lebih tinggi, menampilkan bayangan yang presisi dan lebih detail. Selain itu, video juga tampil lebih jernih daripada sebelumnya.

“Dengan menghadirkan HDR untuk siaran langsung, kami membuka kualitas gambar paling spektakuler untuk konten siaran langsung,” kata Futrell.(kl)