Ponsel Pintar Jadul Tidak Dapat Gunakan Whatsapp Mulai 1 Januari 2021

logo huawei

Jika Anda memiliki smartphone iOS atau Android dengan versi lama, Anda mungkin akan kehilangan akses ke WhatsApp atau beberapa fitur di aplikasi perpesanan mulai 1 Januari 2021.

Dilansir dari situs web Livepoolecho, WhatsApp telah mengonfirmasi bahwa mereka akan menarik dukungan untuk perangkat dengan sistem lama dan beberapa ponsel dengan versi lebih lama memungkinkan layanan aplikasi ini akan berhenti berfungsi secara permanen.

Anda hanya akan terpengaruh jika tidak memiliki iOS 9 atau versi yang lebih baru di iPhone dan untuk Android 4.0.3 keatas di perangkat Android. Perusahaan mengatakan bahwa WhatsApp tidak akan tersedia pada perangkat yang tidak menjalankan sistem operasi iOS 9 atau Android 4.0.3 .

Pengguna iOS yang masih menggunakan iPhone 4 atau di bawahnya tidak bisa menggunakan WhatsApp dan beberapa ponsel Android yang jauh lebih tua juga akan terdampak seperti Samsung Galaxy S2 yang dirilis pada tahun 2011.

“Untuk pengalaman terbaik, kami menyarankan agar Anda menggunakan perangkat lunak versi terbaru untuk Android tau iOS dan semua perangkat lunak yang kompatibel,” kata WhatsApp.

Beberapa pengguna WhatsApp dapat meningkatkan sistem perangkat lunak mereka dengan versi lebih tinggi dari iOS 9 atau Android 4.0.3 untuk memastikan perangkat lunak tersebut tidak terpengaruh, jadi sebaiknya periksa untuk melihat perangkat lunak apa yang Anda miliki jika Anda khawatir Anda akan kehilangan akses.

Jika ingin memperbaharui aplikasi ini, Anda dapat melakukannya di iPhone dengan membuka Pengaturan> Umum> Pembaruan perangkat lunak untuk melihat perangkat lunak apa yang Anda jalankan. Jika Anda memiliki ponsel Android, Anda dapat menemukannya di Pengaturan, dan kemungkinan berada di bawah bagian bernama Tentang Ponsel.

Jika Anda tidak ingin kehilangan obrolan, Anda disarankan untuk mencadangkan pesan WhatsApp agar tidak hilang. Untuk melakukan ini, buka obrolan yang ingin Anda simpan dan klik ‘Info Grup’, kemudian mengklik ‘Ekspor Obrolan’ dan Anda akan diberi opsi untuk mengunduh obrolan dengan tanpa media dari WhatsApp.

Pengumuman ini muncul setelah sebulan WhatsApp merilis layanan baru datang ke aplikasi. WhatsApp memperkenalkan opsi “pesan menghilang” yang akan menghapus obrolan dari telepon pengirim dan penerima setelah tujuh hari.

Aplikasi milik Facebook, yang memiliki dua miliar pengguna di seluruh dunia, mengatakan pengaturan tersebut akan membantu menjaga kerahasiaan obrolan.

Dalam sebuah blog, perusahaan mengatakan pesan dapat diatur untuk kedaluwarsa setelah tujuh hari untuk menawarkan “ketenangan pikiran bahwa percakapan tidak permanen, namun tetap praktis sehingga Anda tidak melupakan apa yang Anda bicarakan”.(na)