Komputer Kuantum Akhirnya Bisa Menjadi Alat Yang Berguna

logo huawei

Komputer kuantum yang kuat dapat memecahkan enkripsi dan memecahkan masalah yang tidak mungkin dilakukan oleh perangkat biasa. Meskipun belum ada yang berhasil membangun perangkat seperti itu, baru-baru ini kita telah melihat kemajuan yang semakin pesat.  Jadi mungkinkah 2022 menjadi tahun yang tepat?

Saat ini, upaya difokuskan pada tonggak penting yang dikenal sebagai supremasi kuantum, titik di mana komputer kuantum dapat menyelesaikan perhitungan yang tidak dapat dilakukan komputer biasa, dengan waktu yang wajar.

Google pertama kali mencapai tujuan ini pada tahun 2019 menggunakan perangkat dengan 54 qubit, setara kuantum dari bit komputasi biasa, untuk melakukan perhitungan yang pada dasarnya tidak berguna yang dikenal sebagai perhitungan pengambilan sampel acak.

Pada tahun 2021, sebuah tim di Universitas Sains dan Teknologi China memecahkan masalah pengambilan sampel yang lebih kompleks menggunakan 56 qubit, kemudian mendorongnya lebih jauh lagi dengan 60 qubit.

Namun Bob Sutor di IBM mengatakan permainan lompat katak ini adalah pencapaian akademis yang belum memiliki banyak dampak nyata. Supremasi sejati hanya akan tercapai ketika komputer kuantum secara signifikan lebih baik daripada komputer klasik dan mampu memecahkan masalah yang berbeda, daripada perhitungan pengambilan sampel acak yang saat ini digunakan sebagai tolok ukur.

Dia mengatakan IBM sedang bekerja menuju keuntungan bisnis kuantum. Titik di mana komputer kuantum dapat memecahkan masalah yang benar-benar berguna bagi peneliti atau perusahaan yang secara signifikan lebih cepat daripada komputer biasa. Sutor mengatakan ini belum tiba dan tidak akan terjadi selama 2022, tetapi dapat diharapkan dalam dekade ini.

Nir Minerbi, salah satu pendiri perusahaan perangkat lunak kuantum Classiq, melihat hal tersenit lebih optimis. Dia percaya bahwa 2022 akan melihat demonstrasi supremasi kuantum dalam masalah yang bermanfaat.

“Ingat ketika mobil listrik pertama keluar? Mereka berguna untuk berkendara ke toko, tetapi mungkin tidak untuk mengemudi 300 mil untuk mengantar anak Anda ke perguruan tinggi. Seperti mobil listrik, komputer kuantum akan menjadi lebih baik dan lebih baik dari waktu ke waktu, menjadikannya berguna dalam berbagai aplikasi yang lebih luas, ”katanya.

Menurut newscientist.com, ada sejumlah rintangan untuk memecahkan masalah praktis. Yang pertama adalah bahwa perangkat membutuhkan ribuan qubit lagi untuk melakukannya, dan ini juga harus lebih stabil dan andal daripada yang sudah ada. Tampaknya para peneliti perlu mengelompokkannya bersama-sama dalam rumpun untuk bekerja sebagai qubit logis tunggal.(ra/hh)

%d bloggers like this: