Komputer Seukuran Ruangan Kini Jadi Chip Seukuran Koin

logo huawei

Tahap kunci dalam mengembangkan komputer kuantum yang dapat diskalakan telah dicapai dengan demonstrasi sukses sistem operasi kuantum yang berjalan pada arsitektur komputasi kuantum terintegrasi pada skala chip yang unik.

Seperti dilansir dari Business Weekly, Inovator global Seeqc telah mencapai terobosan dalam kemitraan dengan Riverlane yang merupakan pengembang sistem operasi kuantum universal pertama yang berbasis di Cambridge, Deltaflow.OS. Keberhasilan tersebut merupakan demonstrasi penting dari portabilitas Deltaflow.OS.

“Dalam istilah yang paling sederhana, kami telah menempatkan sesuatu yang tadinya memenuhi ruangan ke dalam sebuah chip seukuran koin, dan ini telah berhasil dilakukan,” kata Dr Matthew Hutchings, Chief Product Officer dan salah satu pendiri Seeqc.

Integrasi ketat Deltaflow.OS pada platform Seeqc akan memungkinkan Seeqc untuk memaksimalkan kinerja latensi rendah yang tersedia melalui teknologi skala chipnya. Performa latensi rendah penting untuk menjalankan algoritme kuantum secara efisien dan mencapai keunggulan kuantum.

Seeqc dan Riverlane merupakan bagian penting dari sektor teknologi kuantum Inggris, dan lokasi bersama di Inggris adalah kunci untuk mencapai integrasi sistem yang ketat.

Dr Hutchings menjelaskan bahwa Ini adalah pertama kalinya mereka membangun chip komputasi kuantum terintegrasi berdasarkan arsitektur skalabel unik dan menjalankan program di atasnya. Mereka mencapai stabilitas dan kontrol tumpukan penuh dan, dengan demikian, juga momen luar biasa untuk evolusi komputasi kuantum.

“Ini sama pentingnya dengan masa depan komputer kuantum seperti halnya microchip itu sendiri untuk mengkomersialkan komputer tradisional, sehingga memungkinkan mereka untuk diproduksi dengan biaya yang efektif dan dalam skala besar,” ujar Dr Hutchings.

Dr Steve Brierley, pendiri dan CEO Riverlane menambahkan bahwa demonstrasi Deltaflow.OS yang sukses ke perangkat keras Seeqc ini sangat menggembirakan. Dengan menggabungkan keahlian perangkat keras dan perangkat lunak kuantum, mereka telah memecahkan tantangan utama dalam komputasi kuantum; memastikan portabilitas dan kinerja tinggi di berbagai teknologi qubit.

Satu-satunya komputer kuantum yang saat ini digunakan membutuhkan susunan peralatan besar dan kompleks yang memenuhi ruangan. Mereka mahal untuk dibangun dan tidak menawarkan rute yang mudah untuk skalabilitas komersial.

Seeqc telah mengurangi kompleksitas sistem itu melalui desain sistem-on-a-chip. Ini memberikan platform yang lebih fleksibel dan skalabel secara komersial dibandingkan dengan yang dikembangkan sejauh ini.(hh)