Pembuat Kartu Grafis Peringatkan Bahaya Membeli GPU Bekas

logo huawei

Dengan adanya tindakan keras terhadap cryptocurrency di Tiongkok, banyak GPU yang sebelumnya digunakan dalam penambangan mata uang kripto yang dijual bekas, tetapi bagi mereka yang tergoda dengan produk yang harganya terjangkau. Salah satu pembuat kartu grafis telah berusaha untuk mengklarifikasi adanya bahaya yang terlibat apabila menggunakan kartu grafis bekas yang telah digunkan untuk penambangan mata uang kripto.

Seperti dilansir dari Tech Radar, sebuah situs web teknologi Polandia Benchmark.pl Bernama Pailit telah mencatat bahwa melalui pengujian independen yang dilakukan pada kartu grafis yang telah digunakan untuk penambangan kripto, penurunan 10% dalam kinerja GPU. untuk setiap tahun kartu grafis yang telah digunakan untuk penambangan 24/7 jadi hampir 9.000 jam penggunaan konstan sama dengan penurunan 10%.

Tentu saja ini baru sekedar asumsi, tetapi itu disampaikan sebagai ekspektasi rata-rata dari kinerja yang mungkin dibawa oleh kartu grafis bekas penambangan. Memang tidak ada cara untuk benar-benar mengetahui seberapa keras penambang telah mendorong GPU bekas itu, jadi lebih baik berhati-hati. Bahkan ada penambang kripto yang telah menurunkan voltase kartu untuk efisiensi yang lebih baik, sehingga ini perlu diwaspadai juga.

Namun masalah lainnya para penambang kripto menyadari bahwa ketika orang melihat kartu grafis tersebut adalah kartu grafis bekas penambangan kripto, mereka akan lebih waspada dan cenderung tidak membelinya. Jadi biasanya mereka juga berbohong dan tidak mengakui bahwa GPU telah bekerja keras dalam penambangan kripto. Mereka hanya akan mengklaim bahwa ini adalah kartu dalam kondisi baik seperti baru, atau memang mengemasnya kembali agar terlihat seperti produk yang sama sekali baru.

Dengan kata lain, dengan masuknya GPU penambangan bekas, maka para pengguna kartu grafis harus sangat berhati-hati ketika bebelanja kartu grafis bekas. Khususnya lebih memperhatikan hal-hal yang mencurigakan seperti kartu yang dijual setelah alat pendingin yang baru diganti misalnya, karena ini bukan sesuatu yang biasanya kita lihat.

Tentu saja, Palit memiliki bias di sini dalam membujuk orang-orang bahwa mereka harus membeli GPU baru daripada bekas, mengingat itu adalah bisnisnya. Tetapi bahaya yang melekat dalam mengambil kartu grafis semacam itu adalah sesuatu yang telah banyak diperingatkan sebelumnya, seperti yang disebutkan di atas, dan memang ada risiko yang jelas terlibat.

Tentu saja, adanya tindakan keras terhadap para penambangan mata uang kripto ini juga merupakan kabar baik dari sisi harga GPU yang menjadi turun, karena adanya penurunan permintaan terhadap kartu grafis. Jadi apabila Anda benar-benar putus asa dan ingin memainkan permainan computer yang sangat Anda inginkan saat ini, sehingga kartu grafis bekas bisa menjadi altenatif.(hh)