Teknologi Sebagai Kunci Sukses Dalam Berbisnis

logo huawei

Teknologi saat ini membuat banyak perubahan dalam berbagai segi kehidupan. Contohnya saja dalam segi bisnis. Dengan adanya teknologi, para pengusaha dapat menjalankan bisnisnya menjadi lebih mudah meskipun persaingan di era serba digital ini terus meningkat seperti, mulai munculnya para pesaing-pesaing baru, inovasi produk baru, dan munculnya model bisnis baru yang tentunya berbasis teknologi.

Persaingan bisnis yang dihadapi pengusaha-pengusaha di Indonesia sekarang bukan hanya dari dalam negeri saja, tapi sejak hadirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), persaingan akan semakin ketat karena para pengusaha dari luar negeri akan ikut bersaing di Indonesia. Teknologi pun sekarang menjadi salah satu kunci sukses dalam berbisnis khususnya untuk memulai persaingan dalam menyambut MEA yang sudah dimulai pada awal tahun ini.

Muhammad Ismail, CEO PT Zahir Internasional pun menanggapi hal ini, dia mengatakan bahwa teknologi merupakan kunci penting untuk mampu terus beradaptasi dan bersaing di era yang serba cepat seperti saat ini. Di era globalisasi seperti saat ini, teknologi menjadi sesuatu yang memegang peranan penting untuk mendukung perkembangan di era tersebut. Menurutnya, teknologi saat ini menjadi kunci utama dari bisnis yang terus berkembang dan mampu terus bersaing.

“Teknologi, bukan lagi sebagai pelengkap bisnis, tetapi sudah menjadi urat nadi sebuah bisnis, termasuk didalamnya software akuntansi,” kata Muhamad Ismail.

Manfaat Teknologi untuk Berbagai Segmen

Dia pun mencontohkan manfaat dari perkembangan teknologi yakni ojek online. Menurutnya, keberadaan ojek di Indonesia sudah dari puluhan tahun lalu, namun dengan adanya teknologi, ojek pun menjelma menjadi sangat luar biasa. Layanan ojek online ini berawal dari suatu inovasi yang berubah menjadi suatu layanan/produk yang dapat menguntungkan banyak pihak.

“Ojek online saat ini menjadi fenomenal, dengan adanya teknologi, jadilah produk luar biasa, “tuturnya.

Contoh lainnya dari manfaat teknologi dalam segi bisnis menurutnya adalah layanan tayangan film yang memudahkan pengguna menonton tayangan kesukaan di mana pun, kapan pun, dan menggunakan media apa pun yang terhubung dengan internet seperti TV, smartphone, tablet, PC, dan laptop.

“Ini lebih maju dari sekedar TV berbayar, tidak perlu lagi bergantung dengan pesawat televisi,” ujarnya.

Jadilah Seorang “Decision Maker”

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, para pengusaha pun mau tidak mau harus beradaptasi dengan mulai mengubah model bisnisnya menjadi berbasis teknologi. Tentu hal itu tidak gampang, karena untuk dapat beradaptasi, pengusaha dituntut untuk bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. Keputusan yang cepat dan tepat hanya bisa kita ambil jika kita dapat menjadi seorang “Decision Maker”. Hal itu lah yang dibutuhkan oleh seorang pengusaha yang ingin perusahaan yang dipimpinnya memiliki model bisnis yang berbasis teknologi agar dapat menciptakan suatu inovasi produk yang tentunya dapat menguntungkan berbagai pihak khususnya perusahaan tersebut. [MFHP]