Libra Facebook akan Diluncurkan Tahun Depan

logo huawei

Raksasa jejaring sosial Facebook dikabarkan telah siap meluncurkan Cryptocurrency Libra Facebook pada awal tahun 2021. Asosiasi Libra yang berbasis di Jenewa yang akan menerbitkan dan mengatur stablecoin serta akan meluncurkan satu koin digital yang didukung dolar.

Libra, yang pernah diluncurkan oleh Facebook tahun lalu akan diluncurkan kembali dalam bentuk yang lebih ramping setelah regulator dan bank sentral di seluruh dunia menyuarakan kekhawatiran bahwa hal itu dapat mengganggu stabilitas keuangan dan mengikis kekuasaan arus utama atas uang.

Dilansir dari situs nypost.com, Libra Association yang dimiliki Facebook adalah salah satu dari 27 anggotanya, sedang meminta persetujuan dari pengawas pasar Swiss untuk mengeluarkan serangkaian stablecoin yang didukung oleh mata uang tradisional individu, serta token berdasarkan stablecoin yang dipatok mata uang.

Saat pertama kali diluncurkan, proyek stablecoin ini awalnya diusulkan untuk masuk ke dalam keranjang yang terdiri dari beberapa mata uang fiat dan tidak hanya satu mata uang namun terdapat beberapa campuran mata uang.

Stablecoin adalah mata uang kripto yang nilainya tidak berfluktuasi terhadap mata uang fiat tertentu. Misalnya, satu unit stablecoin yang didukung USD selalu bernilai satu dolar. Libra menyebut USD, EUR, GBP atau SGD sebagai mata uang dasar untuk berbagai stablecoinnya.

Banyak bank sentral dan regulator mengkhawatirkan visi ini. Itulah sebabnya Libra Association mengubah arah dan mulai mengerjakan beberapa stablecoin mata uang tunggal.

Menurut Financial Times, Libra Association sekarang berencana untuk meluncurkan satu koin yang didukung dolar. Ini akan bersaing langsung dengan stablecoin lain, seperti USDC, PAX, dan Tether (USDT). Libra Association masih berencana untuk meluncurkan mata uang lain, tetapi itu akan dilakukan di lain waktu.

Facebook kemungkinan besar akan meluncurkan dompet Libra-nya sendiri pada saat yang bersamaan. Awalnya bernama Calibra, anak perusahaan Facebook telah diubah namanya menjadi Novi pada bulan Mei.

Selain aplikasi mandiri yang memungkinkan Anda mengirim dan menerima token Libra, Anda akan dapat mengelola akun Novi Anda dari Messenger dan WhatsApp. Facebook mengharapkan orang untuk mulai menggunakan Novi untuk tujuan pengiriman uang dan pembayaran peer-to-peer. Libra Association juga berencana meluncurkan layanan berbasis pada sistem mereka sendiri pada saat yang sama. Anggota termasuk Farfetch, Lyft, Shopify, Spotify, dan Uber.(na)