Mahasiswa Ini Berhasil Pasang Windows 11 di Windows Phone

logo huawei

Pratinjau Windows 11 telah dirilis dan seorang mahasiswa telah berhasil menjalankan sistem operasi terbaru Microsoft itu di Windows Phone. Mahasiswa teknik G ustave Monce telah membuat video singkat yang menunjukkan Windows 11 dapat berfungsi pada Lumia 950 XL, salah satu perangkat pertama yang dikirimkan dengan Windows 10 Mobile. Itu juga salah satu ponsel bertenaga Windows terakhir Microsoft sebelum perusahaan tersebut mengakhiri dukungan untuk OS selulernya.

Seperti dilansir dari The Verge, Windows 11 beradaptasi dengan sangat baik untuk layar 5,7 inci, tetapi hal yang sama tidak dapat dikatakan untuk kecepatan animasi. Meskipun Windows 11 dapat digunakan di Lumia 950 XL, sepertinya hal ini bukan sesuatu yang ingin Anda keluarkan dari saku Anda setiap hari. Tetapi bukan itu intinya. Ini adalah pencapaian terbaru dalam hobi mengotak-atik selama lima tahun dengan menjalankan versi lengkap Windows di perangkat Windows Phone.

“Semuanya benar-benar dimulai 5 tahun yang lalu, ketika Windows 10 Mobile hampir usang,” kata Monce, seperti dikutip dari The Verge.

Monce bekerja sama dengan Bingxing Wang, sesama insinyur, untuk mewujudkan gagasan menjalankan Windows 11 penuh pada ponsel ini.

“Seiring berjalannya waktu dan kami mulai membicarakannya, kelompok diskusi terbentuk dan pada gilirannya kami memiliki komunitas orang-orang yang tertarik untuk menjalankan Windows 10 penuh pada Lumia 950s,” jelas Monce.

“Kami sekarang pada dasarnya adalah tim yang terdiri dari sekitar 15 orang, dan kami telah membuat banyak kemajuan,” imbuhnya.

Mereka telah mem-porting dan merekayasa balik driver untuk menjalankan Windows 11 di Windows Phone dan bahkan menulis driver mereka sendiri juga.

“Saya tidak akan mengatakan bahwa kami cukup cepat untuk melakukannya, kami membutuhkan waktu empat tahun untuk mencapai kondisi saat ini, tetapi sebenarnya yang mengesankan kami tiba di sini dengan tidak banyak dokumentasi yang tersedia,” kata Monce.

“Karena semua pekerjaan itu untuk Windows 10 dan pekerjaan yang sebelumnya kami lakukan untuk mendukung Windows 10X, Windows 11 adalah jalur alami, dan benar-benar tidak membutuhkan banyak waktu untuk memulai,” lanjutnya.

Monce dan timnya telah membangun situs khusus untuk proyek mereka, dan itu mencakup alat, panduan, dan dokumentasi untuk menghadirkan Windows 10 dan Windows 11 ke Windows Phone lama ini. Tidak semuanya bekerja dengan sempurna, dengan kamera yang gagal berfungsi, daya tahan baterai yang lama, dan panggilan / SMS terkadang terputus karena perubahan OS Microsoft. Ini lebih merupakan proyek yang menyenangkan untuk melihat seberapa jauh para insinyur dan pengembang dapat mendorong perangkat yang telah ditinggalkan Microsoft.

Ini juga merupakan proyek yang mengingatkan pada smartphone HTC HD2 yang menentang usia. Pengembang dan insinyur mempertahankan perangkat Windows Mobile HTC yang legendaris selama satu dekade yang solid, dengan ROM Android khusus, mod, dan bahkan port Windows Phone 8 untuk perangkatnya. Seri Lumia 950 hampir berusia lima tahun, dan fakta bahwa tim orang telah mem-porting Windows 11 ke dalamnya adalah bukti bahwa masih ada kehidupan di ponsel lama.(hh)