Mastel-Loon Mengudara di HUT MASTEL Ke-22

Logo Telkom Indonesia Logo Telkomsel Indosat Ooredo Ads

MASTEL membuat sesuatu yang berbeda di acara HUT ke-22, yaitu banyak Balon yang mengudara di langit-langit Ruang Serbaguna Kemenkominfo.

Ide MASTEL-Loon

“Sebenarnya konsepnya (Mastel-Loon) kita mau bikin mengambang ¾ dari tinggi ruangan ini. Sehingga dipenuhi dengan balon,” ucap Kristiono, Ketua Umum MASTEL dalam sambutannya.

“Ini Mastel-Loon bukan Google Loon, mudah-mudahan Google Loon jauh lebih bagus daripada Mastel-Loon” gurau pria asli Solo itu. Mastel-Loon menurut Kristiono merupakan bagian dari imajinasi kapan MASTEL mampu membuat sebuah Loon untuk Republik Indonesia.

Berkaitan dengan adanya rencana Google Loon yang akan terbang di langit Indonesia. Google memang saat ini sedang menjalankan misi untuk menghubungkan negara-negara berkembang melalui web dengan bantuan balon udara raksasa yang berfungsi sebagai Wi-Fi Hotspot. Upaya dari Google ini didukung oleh 3 perusahaan jaringan seluler di Indonesia yaitu Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo yang telah menyetujui untuk menguji Google Loon di Indonesia pada 2016 mendatang. Dengan adanya kerja sama dalam projek ini, diharapkan akan menghubungkan masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke serta mampu membawa budaya dan bisnis secara online tanpa meninggalkan rumah dengan menempatkan koneksi jaringan 4G LTE.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan terhadap 941 Responden, mayoritas setuju Google loon beroperasi di langit Indonesia. [MFHP]